Caption Foto : Tim Pansus DPRD Jombang saat kunjungan ke rumah Isoter

mediapetisi.net – Tim Pansus DPRD Jombang melakukan kunjungan ke rumah sehat Isoter (Isolasi terpusat) di kecamatan Peterongan, Sumobito dan Kesamben. Kamis (26/8/2021)

Tim Pansus yang melakukan kunjungan ke rumah sehat tersebut terdiri dari Ketua Pansus Kartiyono Fraksi PKB, dr. Luluk Fraksi PKB, Rohmad Abidin Fraksi PKS, Maya Novita Fraksi Golkar, Junita Erma dan Sunardi Fraksi PPP dan Dian Ayu Fraksi Demokrat.

Ketua Pansus DPRD Jombang H. Kartiyono saat dikonfirmasi mengatakan setelah mendengar, mencermati dinamika yang  terjadi di rumah sehat Isoter maka Pansus DPRD Jombang perlu melakukan kunjungan lapangan. Target sebenarnya kedepan terus berjalan tidak hanya ke rumah sehat tapi juga ke beberapa objek yang ada kaitannya dengan Covid 19.

“Hari ini kunjungan perdana ke rumah sehat kecamatan Peterongan, Kesamben dan Sumobito. Jadi benar – benar kunjungan sidak yang tanpa sepengetahuan petugas rumah sehat sebab yang sebenarnya jadwalnya dua rumah sehat yang di kunjungi jadi tiga rumah sehat,” ungkapnya.

Terkait apa yang tim Pansus dapati di rumah sehat tentunya terkait standarisasi penanganan pasien Covid 19 di rumah sehat. Kita tadi tidak hanya sekedar melihat tetapi melakukan wawancara dengan beberapa pasien Covid-19 dengan menjaga protokol kesehatan ketat terkait bagaimana penanganan dan pelayanan selama isolasi mandiri di rumah sehat dan bagaimana rasanya melakukan isolasi di rumah sehat. 

“Saat kita lihat menurut kami juga lebih presentatif seperti di rumah sehat Peterongan karena kamar juga lebih luas dari pada di rumah sakit. Lalu sirkulasi udara juga sudah diatur sedemikian rupa, kebersihan juga terjaga jadi sudah mencapai standarisasi untuk spesifikasi penanganan pasien Covid 19. Pasien pun juga mengatakan puas dengan pelayanan dan penjagaan baik dari petugas kesehatan dan tiga pilar bahkan 4 pilar,” terangnya.

Tim Pansus dalam melakukan kunjungan menurutnya tidak ada masalah, kalau ada kekurangan pasti ada tapi petugas selalu berusaha memperbaiki kekurangan -kekurangan tersebut. Sedangkan dari alat medis dan kebutuhan medis yang dibutuhkan juga sudah lengkap dan tercukupi. Pasien rekam medisnya selalu dilakukan pemeriksaan dan observasi. Untuk jumlah pasien yang isolasi di Sumobito ada 5 yang tadinya ada 20 orang, Kesamben ada 7 orang dan Peterongan ada sekitar 12 orang.

“Tentunya nanti kedepan kami akan melakukan kunjungan ke rumah sehat lainnya. Selain itu kami juga akan melakukan kunjungan di pasar tradisional, Supermarket dan lainnya. Kami memastikan bahwa pemerintah kabupaten Jombang benar – benar menggunakan anggaran penanganan pasien sesuai dengan kondisi yang ada. Kami juga sempat melakukan pelepasan pasien Covid-19 dan mereka mengucapkan terimakasih, pasien tersebut merasa puas dengan pelayanan di rumah sehat,” pungkas Kartiyono. (lis)