Caption Foto : Suasana Upacara Pengibaran Bendera HUT Ke 76 Kemerdekaan RI Di Kabupaten Jombang

mediapetisi.net – Ditengah pandemi Covid 19, Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar Upacara Bendera Peringatan HUT Ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 secara terbatas dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dipimpin langsung oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab selaku Inspektur Upacara. Dihadiri Wabup, Forkopimda,  Jajaran TNI/Polri, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten dan beberapa Kepala OPD. Bertempat di halaman Kantor Pemkab Jombang. Selasa (17/8/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan Peringatan HUT Ke 76 Kemerdekaan RI tahun 2021 ini menjadi momentum yang paling diingat. Karena pelaksanaannya ditengah cobaan pandemi covid19 yang masih melanda diberbagai negara termasuk Indonesia dan Kabupaten Jombang. Peringatan HUT RI ke 76 ini bukan hanya kegiatan seremonial semata, akan tetapi sebagai bahan renungan atas jasa para pahlawan Bangsa Indonesia, dan seluruh element bangsa yang saat ini berjuang melawan covid-19 khususnya di Jombang.

“Saya yakin, kita bisa mengisi kemerdekaan ini dengan kerja dan karya nyata dalam melawan pandemi covid-19. Ini merupakan tanggung jawab kita semua. Saya berharap momentum kemerdekaan ini bisa menjadi pemicu semangat, dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Pandemi ini mengingatkan kita akan pentingnya hidup sehat, karena dengan hidup sehat kita bisa beraktifitas dan melakukan kegiatan yang produktif. Menjaga kesehatan dan kebersihan untuk melawan covid-19,” tuturnya.

Apa yang telah diberikan para pahlawan bisa menjadi pemicu semangat, dalam mengisi kemerdekaan dan meneruskan cita-cita perjuangan untuk memajukan bangsa. Bangsa ini akan terus berupaya mewujudkan cita-cita luhur kemerdekaan, dengan melaksanakan pembangunan diberbagai bidang. Sampai saat ini banyak hal yang telah kita lakukan, seperti di bidang kesehatan, infrastruktur, pendidikan dan lainnya.

Bupati mengajak untuk menjadikan pandemi menjadi kesempatan kita untuk berbakti kepada bangsa dan negara kita. Menjadikan momentum ini untu bangkit  dan bersemangat menjadi lebih baik lagi. Semoga saja kelak, Indonesia, khususnya Jombang bisa menjadi daerah yang baldatun thoyibatun warobbun ghofur.

Bupati juga mengajak untuk merefleksikan momentum HUT Kemerdekaan untuk menghargai perjuangan pahlawan “garda terdepan” yang banyak gugur di medan perang dalam proses penyembuhan pasien covid-19. Kepada seluruh lapisan masyarakat mendoakan semua pihak yang terlibat dalam penanganan covid-19. Termasuk warga yang saat ini masih terpapar agar diberikan kesembuhan.  Demikian pula, korban yang meninggal dunia agar diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

“Terima kasih kepada para veteran dan pejuang kemerdekaan, panitia penyelenggara, aparat keamanan, para petugas upacara, terutama adik-adik yang dipercayakan untuk mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih, dan segenap peserta upacara, atas kehadirannya mengikuti upacara dan melaksanakan rangkaian kegiatan dengan baik. Upacara Pengibaran Bendera pada peringatan Ke 76 Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 pada 17 Agustus 2021 dengan tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh di Kabupaten Jombang berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya. 

Usai upacara Bupati bersama Forkopimda dan sejumlah pejabat melaksanakan Upacara Ziarah Nasional Di Taman Makam Pahlawan, Ziarah Nasional Ke Makam Pahlawan Nasional KH Wahab Hasbullah Di Tambakberas, Ziarah Nasional Ke Makam Pahlawan Nasional KH. Hasyim Asy’ari Dan Kh Wahid Hasyim Di Ponpes Tebuireng. Dan pukul 09.30 WIB dilanjutkan mengikuti dan menyaksikan Upacara Detik Detik Proklamasi secara Virtual dari Istana Merdeka di Pendopo kabupaten Jombang. (lis)