Caption Foto : Kepala Desa Tunggorono saat ditemui di ruangannya

mediapetisi.net – Nama baik Desa Tunggorono ter blacklist menjadi tempat pelayanan PSK, Kepala Desa Tungorono Kecamatan/Kabupaten Jombang menegaskan PSK bukan dari warga Tunggorono. Desa Tunggorono memiliki 5 dusun diantaranya Dusun Dayu, Dusun Tunggorono, Dusun Gabus, Dusun Tunggul,dan Dusun Karangkletak sedangkan RW ada 8 dan RT ada 33 dengan jumlah penduduk sekitar 6.977 jiwa.

“Mayoritas warga di Desa Tunggorono berprofesi sebagai petani dan kebanyakan bekerja di pabrik karena Desa Tunggorono adalah  daerah yang dekat dengan pabrik,” ujar Didik Dwi Mulyawan Kepala Desa Tunggorono saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (10/8/2021)

Di tahun 2021 Desa Tunggorono termasuk zona kuning dalam masa pandemi covid 19 dan selama PPKM di Desa Tunggorono dalam keadaan stabil karena setiap ada warga yang melakukan isolasi mandiri pihak Dinas Kesehatan pasti menghubungi pemerintah Desa Tunggorono.

“Masyarakat Desa Tunggorono yang meninggal karena terpapar covid 19 ada 2 dalam keadaan isolasi di Rumah sakit dan untuk pemakaman kita juga sudah membentuk tim relawan pemakaman jenazah covid 19 yang sudah mengikuti pemusalaran jenazah covid-19 dan relawan pemakaman jenazah covid 19 tetap di gaji yang diambilkan dari dana DD penanganan covid 19,” terang Didik.

Selain itu, pemerintah Desa Tunggorono memberikan bantuan sembako bagi warga yang melakukan isolasi mandiri apabila menunjukkan hasil rapid test, antigen maupun swab untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka sehari-hari dalam melakukan isolasi mandiri, bantuan sembako tersebut diambilkan dari anggaran dana desa.

“Respon masyarakat kepada warga yang melakukan isolasi mandiri Alhamdulillah tingkat kedewasaannya mayoritas bisa memaklumi dan warga yang melakukan isolasi mandiri juga patuh menjalankan isolasi mandiri di rumah,” ucap Didik.

Pemerintah Desa Tunggorono belum bisa mempresentasekan berapa persen yang sudah melukan vaksin karena jatah dari puskesmas terbatas, tetapi masyarakat Desa Tunggorono sudah melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali yakni jatah dari pemerintah 600 vaksin di tahap satu 300 vaksin dan tahap dua 300 vaksin melalui puskesmas sedangkan masyarakat yang mengajukan sendiri ke puskesmas sekitar 648 dengan jenis vaksin sinovac tahap 1 sementara vaksin tahap 2 dijanjikan di bulan Agustus 2021.

Pemerintah Desa Tunggorono berharap bisa memajukan kesejahteraan warga Desa Tunggorono mulai dari penggunaan dana DD di optimalkan, semakin merekatkan antara pekerja dengan pabrik dan meningkatkan prasarana petani. Tidak hanya itu, Didik juga memberi keterangan terkait video penggerebekan pelaku PSK di Daerah Tunggorono yang sempat beredar di media sosial. Dari dulu Tunggorono sudah ter blacklist menjadi tempat pelayanan PSK, namun sudah dari dulu sudah dilakukan pembubaran dan tidak ada warga Desa Tunggorono menjadi PSK.

“Untuk beberapa waktu yang lalu memang sempat beredar video penggerebekan di Daerah Tunggorono namun yang bersangkutan bukan dari warga Tunggorono tetapi dari daerah lain yang membuat pertemuan di Daerah Tunggorono melalui jaringan internet dan media sosial. Alhamdulillah warga selalu sigap apabila ada PSK yang masuk ke daerah tunggorono dan melaporkan ke pihak yang berwajib,” pungkasnya. (lis)