Caption Foto : Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang saat pengecekan secara langsung proses perakitan alat filtrasi di Satradar 222 Ploso Jombang

mediapetisi.net – Aplikasi Deionisasi untuk Pemurnian air, SatRadar 222 Ploso Jombang gandeng Perumdam Tirta Kencana Jombang. Permasalahan air bersih di Wilayah Satradar 222 Jombang masih menjadi perhatian utama mengingat urgensitasnya untuk memenuhi  kebutuhan air bersih. 

“Bersama Satradar 222 Jombang, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kencana Jombang setelah beberapa proses obervasi dan uji coba akhirnya menerapkan sistem deinonisasi guna pemurnian air,” Hal ini disampaikan oleh Dr. Khoirul Hasyim SPd.MPd Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang ketika dikonfirmasi di tempat kerjanya. Selasa (13/7/2021)

Menurut Khoirul Hasyim, Proses deinosisai yang diterapkan terdiri dari 6 tabung filtrasi dengan menggunakan kemikal silica, resin softener, karbon aktif, dan juga filter katrid 5 micron. Sementara itu, untuk kebutuhan air, semua rangkaian Filtrasi yang digunakan di Satradar 222 Jombang dikerjakan oleh tim produksi di workshop Perumdam. 

Hasyim sapaan akrab Direktur Perumdam Tirta Kencana sedang mengupayakan sebuah sistem buatan Perumdam sendiri sebagai solusi filtrasi pemurnian air berbasis panel otomatis untuk digunakan di daerah-daerah yang airnya terasa asin. Sehingga selain solutif, sistem ini juga memudahkan dalam penggunaan di lapangan.

Dikatakan juga oleh Hasyim, Selain berfokus kepada filtrasi pemurnian air, efesiensi energi juga menjadi pertimbangan dalam perakitan alat tersebut.Efisiensi energi merupakan hal yang penting dan tidak dapat dipisahkan dari sebuah proses pemurnian air.

“Saat ini, kami terus berupaya serius untuk mengembangkan berbagai metode dan teknik pemurnian air untuk mengatasi permasalahan air di Jombang. Selain itu, proses produksi pemurnian air tersebut tidak boleh meninggalkan prinsip-prinsip hemat energi, bahkan sedapat mungkin bersifat otomasi, jadi selain praktis, dia harus hemat, dan berkualitas,” terangnya.

Di tempat sama Dan Satradar 222 Ploso Letkol Lek Yudi Amrizal, S.ST., MM, menyampaikan, Air bersih sangat penting, Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Jombang dan jajarannya, khususnya Perumda Air Minum Tirta Kencana Jombang atas upayanya mewujudkan pelayanan air yang berkualitas di wilayah Satradar 222 Ploso. 

“Setelah beberapa tahun kami berdiri di Kabupaten Jombang, kini kami sudah dapat menikmati air bersih yang layak konsumsi terutama bagi warga sekitar Satradar 222 Ploso Jombang. Ungkapan syukur dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perumdam Tirta Kencana Jombang atas upayanya meningkatkan cakupan pelayanan air minum bagi masyarakat  Jombang,” ujar Letkol Lek Yudi pada saat pengecekan secara langsung proses perakitan alat filtrasi di Satradar 222 Ploso Jombang.

Menurut letkol Lek Yudi, Air di wilayah Satradar 222 Jombang masih terasa asin dan berbau serta belum layak untuk digunakan dikarenakan belum memenuhi syarat kualitas air bersih. 

“Permenkes No. 416/Menkes/SK/VII/1990 mensyaratkan beberapa kualitas yang harus dipenuhi untuk standar kualitas air bersih seperti parameter anorganik, fisik, dan kimiawi,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Dan Satradar Jombang, Letkol Lek Yudi Amrizal, S.ST., MM beberapa waktu setelah dilantik menginisiasi upaya pemurnian air dengan bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Kencana Jombang. (lis)