Caption Foto : Kepala Desa Keras saat ditemui di ruang kerjanya

mediapetisi.net – Dimasa pandemi Covid 19, Kepala Desa Keras mengajak masyarakat untuk meningkatkan potensi desa supaya dapat memulihkan perekonomian. Desa Keras memiliki 6 (enam) dusun antara lain Dusun keras, Dusun paritan, Dusun kawur, Dusun  mbuntel, Dusun cikar, dan Dusun mejono dengan jumlah warga 7.489 jiwa yakni laki – laki 3.412 dan perempuan 4.077 jiwa.

“Sejak awal diberlakukannya peraturan PPKM di masa pandemi covid 19 oleh pemerintah daerah, pemerintah Desa Keras sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Alhamdulillah 45% masyarakat Desa Keras sudah melakukan vaksinasi dan masyarakat tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan,” tutur Sukardi Kepala Desa Keras Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (13/7/2021)

Sementara itu, akibat adanya masa pandemi Covid-19 masyarakat mengalami penurunan dalam perekonomian, untuk mengantisipasi hal tersebut pemerintah Desa Keras mengajak masyarakat agar meningkatkan potensi desa sehingga masyarakat bisa terpenuhi kebutuhannya sehari-hari. Karena Desa Keras memiliki beberapa potensi desa diantaranya budidaya pepaya, produksi keripik pepaya, tanaman hias dan tanaman hidroponik.

“Potensi terbesar di Desa Keras yakni budidaya pepaya dan produksi keripik pepaya khususnya untuk ibu ibu PKK, selain pepaya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, sistem imun makin prima, baik untuk kesehatan jantung, menyembuhkan luka di lapisan perut namun, kita juga memanfaatkan untuk membantu perekonomian masyarakat di masa pandemi covid 19,” ujar Sukardi.

Tidak hanya itu, Sukardi berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas ekonomi dengan tanpa ada kendala, pungkasnya. (lis)