Caption Foto : Ketua PPDI saat ditemui di ruang kerjanya

mediapetisi.net – Peningkatan SDM aparatur desa dinilai sangat penting karena desa memiliki peran utama dalam mengelola, memberdayakan dan memajukan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Selain itu, kepala desa bersama perangkat desa mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa, maka dari itu PPDI mendorong Pemkab Jombang untuk melakukan upaya tersebut.

“Selama ini teman-teman perangkat desa di PPDI menginginkan adanya bimbingan sesuai dengan tupoksinya masing-masing, mulai dari pelayanan hingga pengelola anggaran,” terang Teguh Wahyudi Ketua PPDI Kabupaten Jombang saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (20/5/2021)

Tidak hanya itu, Tahun 2020 PPDI juga mendorong Dinas terkait untuk segera melakukan kegiatan tersebut tetapi terhalang recofusing anggaran karena adanya pandemi Covid-19. 

Menurut Teguh, dorongan PPDI kepada pemerintah daerah salah satunya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia yang mencakup pelatihan pemahaman dan pelayanan desa terhadap masyarakat desa, termasuk tugas pokok perangkat desa. Contohnya Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan, Kasi Pelayanan, Staf Umum supaya memiliki pedoman tugas pokoknya.

“Kami berharap kedepannya perangkat desa memiliki pemahaman kapasitas pelayanan dan ada peningkatan kesejahteraan, sehingga ada kepedulian dari pemerintah daerah terhadap perangkat desa se kabupaten Jombang. Misalnya BPJS sudah di cover oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. (lis)