Caption Foto : Warga Desa Bandung saat menerbangkan balon 

mediapetisi.net – Warga di Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang melakukan tradisi menerbangkan balon udara di hari lebaran ketupat. Kamis (20/05/21)

Sekretaris Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Choirun Anas ketika dikonfirmasi menyampaikan, tradisi menerbangkan balon udara sudah dilarang oleh pemerintah sejak tahun 2017 dengan alasan mengganggu jalur penerbangan.

Bahkan setiap tahun kami berkoordinasi dengan RT setempat dan takmir Masjid setempat untuk menghimbau dan mengingatkan pada masyarakat agar tidak melakukan menerbangkan balon dan menurut mereka sudah tidak ada yang melakukan tradisi menerbangkan balon udara.

“Bukannya kita tidak mengontrol, kita sudah mengontrol tapi namanya masyarakat banyak kita kan tidak mungkin mengoperasi rata – rata tahunya itu kalau sudah selesai melakukan penerbangan balon tersebut,” jelas Anas.

Sementara itu, Khusnawiyah salah satu warga Dusun Sumber Suko RT 04 RW 11 Desa Bandung Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang mengatakan bahwa menerbangkan balon udara ini suatu tradisi pada lebaran ketupat di desanya.

“Melakukan tradisi menerbangkan balon udara karena menurut kami ini adalah tradisi tetap dilestarikan, yang tidak lain ini bentuk rasa syukur kami kepada Allah SWT,” pungkasnya. (lis)