Caption Foto : Bupati Jombang dan Wabup bersama penerima bantuan IKM

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyerahkan bantuan bahan baku produksi IKM (Industri Kecil Menengah) makanan dan minuman kepada 304 pelaku IKM yang ada di Kabupaten Jombang. Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Sekda, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Senin (10/5/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa para pelaku IKM dan UMKM merupakan sektor yang turut berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Jombang khususnya di bidang ekonomi. Kehadiran dan sinergitas para pelaku IKM maupun UMKM dengan pemerintah Kabupaten Jombang menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami peningkatan.

“Selain itu IKM sebagai penyangga perekonomian daerah di Kabupaten Jombang sektor IX dan UMKM memiliki peranan besar dalam mengatasi permasalahan mendasar di Kabupaten Jombang berupa kemiskinan dan pengangguran. Apabila sektor IKM dan UMKM ini didorong dengan baik kita berikan fasilitas yang maksimal maka sektor ini bisa menjadi solusi dari permasalahan kemiskinan dan pengangguran,” terangnya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jombang menyerahkan bahan baku produksi kepada pelaku IKM makanan dan minuman. Bantuan tersebut diberikan kepada IKM dalam rangka untuk pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid- 19 yang sangat berdampak besar bagi para pelaku ekonomi. Hal tersebut sejalan dengan program yang dicanangkan pemerintah pusat sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Bantuan bahan baku produksi tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian dorongan dan motivasi dari pemerintah Kabupaten Jombang kepada para IKM sebagai pelaku ekonomi agar kembali bangkit dalam beraktivitas. Dalam bidang perekonomian dan kewirausahaan, meskipun masih dalam masa transisi menjalani era new normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

“Kami berharap, semoga bantuan yang diberikan pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian kepada para pelaku usaha atau IKM dapat bermanfaat dan sedikit membantu dalam menjalankan kembali usahanya,” pungkas Bupati Mundjidah. (lis)