Caption Foto : Situasi banjir dusun Beluk sudah mulai surut

mediapetisi.net – Hasil pantauan dilapangan dari Forkopimcam berkeliling di lapangan menyusuri jalan – jalan yang ada mengabarkan kondisi banjir didesa Beluk kecamatan Kesamben, sudah mulai surut, bahkan ada yang telah surut total. Genangan air yang ada didaerah permukiman sudah mulai berkurang, kalaupun masih ada, mungkin tinggal menyisakan sedikit titik area genangan saja. 

“Mohon doanya semoga semua genangan bisa surut total, sehingga masyarakat bisa beraktivitas normal kembali,” tutur Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab.

Bupati Mundjidah menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas dilokasi yang bersinergi, gotong royong bersama dengan masyarakat yang tidak kenal lelah,  terus berupaya mengatasi banjir yang cukup lama ini, karena curah hujan yang terus menerus. Langkah – langkah penanganan jangka pendek penanggulangan banjir di desa Beluk Kecamatan Kesamben terus dilakukan, disamping itu Pemkab Jombang dalam hal ini OPD terkait akan menyusun dan merumuskan rencana strategis jangka menengah dan jangka Panjang penanggulangan banjir.

“Untuk yang bertugas di lapangan tetaplah berhati hati semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, hari inipun dari PUPR, Bappeda, DLH, OPD terkait  terus melakukan koordinasi guna merumuskan rencana strategis perencanaan jangka pendek, menengah hingga jangka Panjang agar banjir tahunan ini bisa diminimalisir,” terangnya.

Berikut update progress penanganan/pengangkatan sampah para petugas di screen sipon Watudakon yang telah dilakukan pada Kamis, 14 Januari 2021 yakni pengisian pasir kedalam geobag, modifikasi besi screen sebagai penahan kisdam, pemasangan geobag sebagai kisdam di salah satu pintu air (bertahap), pembersihan sampah didasar screen dan pengambilan screen bagian dasar, satu pintu air di screen sudah bebas sampah (blong) dan malamnya dilakukan kontrol elevasi muka air.

“Hari ini Jumat tanggal 15 Januari 2021 tim teknis juga masih melakukan pekerjaan yang sama untuk pintu air berikutnya sampai muka air di screen elevasinya sama. Tetap fokus dan profesional dalam bekerja, semoga semuanya cepat membaik, banjir segera surut,” pungkas Mundjidah. (yn)