Caption Foto : Kepala Dikbud saat membuka workshop senam PAUD

mediapetisi.net – IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak – Kanak Indonesia) Kabupaten Jombang menggelar Workshop Senam PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tahun 2020 dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo SH. MSi. Dihadiri Kak Rudi Dinas Pendidikan dan kebudayaan provinsi Jawa Timur, Kabid. PAUD Dikbud, Ketua Dharma Wanita Dikbud dan Guru TK. Bertempat di Gedung Aula Tri Dharma Klentheng Jombang. Rabu (4/3/2020)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo saat diwawancarai mengatakan bahwa Dinas Pendidikan sebagai pembina PAUD merasa bangga dan memgapresiasi dengan adanya Workshop Senam PAUD Tahun 2020 yang diikuti Guru Рguru TK se Kabupaten Jombang karena kegiatan tersebut murni biaya mandiri. Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan output Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang cerdas dan penguatan pendidikan karakter sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan Karakter.

“Guru memiliki peran yang sangat penting terhadap tercapainya tujuan pendidikan, terlebih guru yang bertugas di PAUD. Penanaman konsep dan pematangan mental peserta didik bermula dari jenjang pendidikan ini. Kesiapan anak anak untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya sangat tergantung dari seluruh rangkaian proses pembelajaran yang mereka lalui di PAUD. Sehingga kepiawaian seorang guru PAUD dalam mengelola pembelajaran di kelas maupun di luar kelas mutlak diperlukan,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui workshop tersebut dengan difasilitasi oleh Narasumber dari Kak Rudy Kasi PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur yang tentunya sudah berpengalaman dibidang PAUD, peserta diharapkan dapat memahami Senam PAUD agar nantinya dikembangkan ke anak didiknya serta berinovasi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, kondisi lembaga masing-masing dan tuntutan kurikulum Nasional.

“Secara otomatis atmospir pembelajaran akan menjadi lebih terarah serta menyenangkan dan hal ini tentu akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas output PAUD,” harap Agus.

Sementara itu, Ketua IGTKI Kabupaten Jombang Sri Daruretno mengatakan bahwa Workshop senam PAUD tersebut diikuti 270 guru dari perwakilan guru Taman Kanak-kanak dari lembaga TK Negeri maupun TK Swasta se-Kabupaten Jombang. Workshop tersebut kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang juga Provinsi Jawa Timur. 

“Senam PAUD ini merupakan senam PAUD 2020 terbaru untuk guru – guru TK yang nantinya akan disosialiasasikan ke anak – anak didiknya. Senam PAUD ini juga bisa meningkatkan mutu pendidikan dan juga untuk selalu bisa olahraga. Diharapkan bulan Juni sudah bisa dilombakan untuk anak – anak TK dan tahun 2021 bisa dijadikan lomba Porseni,” pungkasnya. (yn)