Caption Foto : Bupati Jombang saat sambutan

mediapetisi.net – Orientasi UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) / Angka Kematian Bayi (AKB) melalui Peran Lijo di Kabupaten Jombang. Dihadiri Bupati Jombang, Asisten, Kepala OPD dan Para Lijo. Bertempat di Ruang Bung Tomo Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang. Selasa (3/3/2020)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa orientasi UKBM merupakan salah satu indikator yang mencerminkan derajat kesehatan masyarakat yakni AKI/AKB  karena angka kematian Ibu dihitung dari jumlah Ibu meninggal disebabkan hamil, bersalin dan nifas dibagi jumlah kelahiran hidup. Sedangkan kematian bayi dihitung dari jumlah kematian yang terjadi pada bayi sebelum mencapai satu tahun dibagi jumlah kelahiran. 

“Tahun 2019 angka kematian ibu menurun sebesar 3,1 per 1000 lahir hidup atau 10 kematian dan masih di bawah target SDG’S (Suistanable Development Goals). Untuk itu, peran masyarakat sangat diperlukan dengan upaya mencari informasi kesehatan dari sumber yang jelas dN memiliki validitas yang benar. Melakukan pendewasaan perkawinan, usia subur menggunakan alat kontrasepsi untuk mengatur jarak kelahiran dan pola asuh yang baik,” terangnya.

Selain itu, peran serta peningkatan kesadaran masyarakat pada calon ibu yang memiliki resiko tinggi agar lebih waspada dan dapat meminimalkan kejadian komplikasi selama kehamilan dan dukungan dari pemerintah yang diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi karena kesehatan ibu, bayi, balita dan KB merupakan salah satu fokus prioritas utama pembangunan kesehatan dari 5 fokus prioritas pada tahun 2020 – 2024.

“Untuk itu, melalui peran lijo di Kabupaten Jombang yang bisa berkontribusi dan bekerjasama untuk ikut mensosialisasikan kepada ibu hamil tentang pentingnya pemeriksaan ibu hamil dan menjaga kesehatan selama hamil sampai melahirkan karena lijo termasuk orang yang dekat dengan ibu – ibu rumah tangga karena tiap hari melayani kebutuhan makan setiap hari. Semoga upaya jejaring ini bisa berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.