Caption foto : kegiatan berlangsung

mediapetisi.net – Guest lecture (kuliah tamu) Fakultas ekonomi Universitas Darul ‘Ulum (UNDAR), bertema “Financial development household debt and welfare : Asian Pacific countries experience” oleh Prof. Suhal Kusairi, PhD, associate professor of financial economic dari UMT (University Malaysia Trengganu). Bertempat di multifunction hall aula kampus UNDAR Jombang. Kamis (28/11/2019).

Guest lecture dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNDAR Jombang, Dr. Muchtar Alam, S.E, M.Si. Saat diwawancarai Muchtar menyampaikan bahwa, dosen Malaysia dihadirkan ke UNDAR untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada mahasiwa melalui interaksi dengan dosen dari luar untuk meningkatkan kualitas lulusan dan memperkuat posisi kelembagaan yang lebih satle, serta kerjasama dengan kampus yang ada didalam maupun luar Negeri.

Materi kuliah tamu membahas tentang konsep fakta pinjaman rumah tangga yang ada di berbagai Negara, bahkan ada yang melebihi GDP tahunannya.

Guest lecture diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Fakultas ekonomi UNDAR dari segala tingkatan yang berjumlah 200 mahasiswa dan 30 Dosen.

Selain meningkatkan lulusan, melalui guest lecture ini Muchtar juga berharap agar setelah kuliah umum ini dapat membuka networking atau jaringan dengan kampus-kampus luar, baik dalam Negeri maupun luar Negeri.

Wakil rektor 4 bidang kerjasama dan kelembagaan UNDAR Jombang, Dr. Ir. H. Agus Raychani MMT, juga mengharapkan agar mahasiswa terus mengembangkan diri terhadap perkembangan dunia luar.

Guest lecture sangat penting untuk pengembangan kompetensi mahasiswa seiring dengan perkembangan dunia yang sangat cepat sehingga mahasiswa tidak boleh terpaku hanya pada posisi rutinitas semata.

Perkembangan terus diupayakan oleh UNDAR agar dapat beradaptasi dan tidak gagap dengan teknologi yang ada, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melibatkan diri ke kegiatan yang positif untuh pengembangan diri.

“Hal ini hendaknya tidak hanya harus dilakukan oleh fakultas ekonomi saja, tetapi hampir seluruh fakultas harus melakukan, karena industri melihat kompetensi yang saat ini”, ucap Agus.

Sementara narasumber guest lecture, Prof. Suhal Kusairi, PhD, mengungkapkan, guest lecture ini sangat positif bagi mahasiswa, karena mendapatkan informasi atau tambahan wacana tentang isu-isu ekonomi, baik didalam maupun diluar Negeri.

Dalam pemaparannya Suhal menjelaskan tentang hutang rumah tangga yang juga memiliki nilai positif jika pengelolaannya baik, namun juga harus tetap melihat faktor dari hutang tersebut, selain itu sebagai perbandingan ilmu yang dipelajari dalam kelas dengan hasil penelitian yang telah dan akan dibuat oleh peneliti dalam Negeri maupun luar Negeri.

Suhal berharap agar mahasiswa yang mengikuti kuliah tamu untuk terus membaca dan melihat fenomena sekitar dari aspek mikro maupun makro, pungkasnya. (Rin)