Caption Foto : Bupati Jombang didampingi Kapolres dan Dandim saat ngecek pasukan

mediapetisi.net – Apel gelar pasukan OPS Mantap Praja Arimbi dan Satlinmas Siaga guna mensukseskan pemilihan Kepala Desa serentak kabupaten Jombang tahun 2019 dengan tema “Damai dan berintegrasi, Pilkades bermartabat dan hebat” dipimpin oleh Bupati Jombang. Dihadiri Wakil Bupati Jombang, Forkopimda, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Kapolsek. Bertempat di Alun-alun kabupaten Jombang. Kamis (24/10/2019).

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Apel tersebut sebagai bentuk respon terhadap perkembangan lingkungan strategis pada tatanan kehidupan di jombang yang bergerak begitu cepat dan dinamis terutama yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Jombang. Saat ini banyak kejadian yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara sesuai profesi masing-masing baik aparat pemerintah, Polri, TNI maupun elemen masyarakat lainnnya dalam rangka mencapai kehidupan kebangsaan yang merdeka bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Kesiapan dalam mengantisipasi dan mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Jombang pada tanggal 4 November 2019 di 286 desa dari 21 Kecamatan yang memerlukan pengamanan ekstra dan membutuhkan banyak personil dengan dibantu oleh Polri sebanyak 1.750 personil, TNI sebanyak 392 personil, SATPOL PP 90 personil dan LINMAS sebanyak 3380 personil. Jumlah personil PAM ¬†tersebut diharapkan pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Jombang dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” harapnya.

Mundjidah mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh aparat keamanan, tokoh masyarakat, seluruh peserta apel dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Jombang dalam upaya memelihara dan mewujudkan situasi KAMTIBMAS yang kondusif. Pelaksanaan apel tersebut untuk mengecek kesiapan masing-masing personil pengamanan dalam rangka menghadapi Pilkades serentak di Kabupaten Jombang. 

“Saya berpesan agar terus berdo’a dengan harapan dalam melaksanakan tugas selalu diberikan kesehatan dan mengikuti terus keamanan secara tekun dan aktif terhadap perkembangan situasi, serta tidak meremehkan masalah sekecil apapaun. Informasi yang didapatkan sangatlah bermanfaat untuk dilakukan pengkajian dengan mempelajari dan mengklarifikasi, sehingga dapat antisipasi secara dini,” ungkapnya.

Mundjidah menghimbau agar personil yang melaksanakan pengamanan  diharapkan bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon. Seluruh petugas keamanan harus memberikan pelayanan yang terbaik dan perlakuan secara adil kepada seluruh calon dan tidak pilih kasih atau diskriminasi. Mundjidah juga meminta agar melaksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas, sehingga pelaksanaan pengamanan tidak hanya berjalan dengan tertib aman dan terkendali namun juga akan bernilai ibadah dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Komitmen awal bagi semua untuk menjaga agar pelaksanaan Pilkades berlangsung aman, tertib, lancar dan sukses. hal ini penting karena kondusifitas suatu daerah merupakan modal utama mencapai dan mewujudkan visi Jombang yang berkarakter dan berdaya saing. Saya berharap Pilkades serentak tahun 2019 dapat terlaksana secara damai, sukses, aman, tertib, lancar dan mampu mengayomi semua warganya, sehingga mampu menciptakan suasana aman dan kondusif dan mampu menghasilkan pemimpin Desa yang amanah. Semua yang akan dilakukan nantinya harus sesuai dengan aturan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan akan ada sanksi bagi calon kepala Desa yang mengundurkan diri dan harus sesuai dengan peraturan yang ada,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Jombang, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, S.I.K, M.H mengatakan bahwa, Masyarakat harus menghormati proses demokrasi di tingkat Desa demi kemakmuran Desa yang berkontribusi terhadap kemakmuran Kabupaten Jombang. Kelompok yang ingin membuat kerusuhan/keonaran dipastikan akan ditindak secara tegas dan akan diproses dengan aturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Pasukan pengamanan juga telah melaksanakan Patroli, mapping dan nantinya akan diberikan tambahan personil, serta melakukan pendekatan komunikasi kepada tokoh masyarakat maupun kepada kepala desa secara langsung. Selain itu, Boby menghimbau agar saling menghormati apapun hasil dari pemilihan kepala Desa nantinya, pungkasnya.

Perlu diketahui, pengecekan pasukan oleh Bupati Jombang yang didampingi oleh Kapolres Jombang, Dandim 0814 Jombang dan Dansat Radar 222 Jombang, kemudian penyematan pita sebagai tanda dimulainya operasi mantap praja Arimbi. (rin)