Caption Foto : Bupati Jombang didampingi Asisten 2 dan Kepala OPD saat meninjau proyek perbaikan di Wonosalam

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melaksanakan perbaikan pelebaran jalan mulai dari jalan utama Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng sampai Jalan Desa Tukum Kecamatan Wonosalam sepanjang 9 km.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat meninjau proyek pelebaran jalan di Desa Tukum Kecamatan Wonosalam mengatakan Program perluasan jalan ini sudah dimulai di tahun 2019 yang sebelumnya hanya program perbaikan jalan di Wonosalam. Pelebaran jalan mulai Desa Ngrimbi kecamatan Bareng sampai Desa Tukum Kecamatan Wonosalam panjangnya sekitar 9 km. Program dimulai sejak tahun 2019 untuk perbaikan jalan dan pelebaran jalan untuk meningkatkan potensi yang ada di Wonosalam dan Bareng dengan menggunakan cor dengan anggaran 20 miliar rupiah. Proyek perbaikan dan pelebaran jalan pengerjaanya dimulai tanggal 1 Agustus 2019 dan ditargetkan selesai pada 27 Desember 2019. 

“Tidak hanya pelebaran jalan saja tetapi pekerjaan disertai dengan pendamping jalan di sisi kanan dan sisi kiri sebagai penguat jalan untuk menghindari longsor mengingat kondisi tanah yang berbeda. Pelebaran jalan yang semula tidak sampai 6 meter menjadi 6 meter sehingga kendaraan yang dulu sulit melewati jalan tersebut karena berpapasan sekarang sudah mudah untuk melewatinya. Sekarang pembangunan sudah mencapai 30% yang dijalankan dengan PP4D kejaksaan sebagai pendampingan,” terang Mundjidah saat diwawancarai awak media. Kamis (24/10/2019)

Dengan adanya perbaikan pelebaran jalan di Bareng dan Wonosalam Mundjidah berharap masyarakat dapat meningkatkan ekonomi dan potensi yang ada di Wonosalam dan bisa memudahkan untuk transportasi, karena antara Wonosalam dan Mojoagung sekarang telah tersedia bis. Selain itu, potensi masyarakat Wonosalam dapat meningkatkan wisata yang ada di Wonosalam dan saat ini perkembangannya sudah sangat bagus, serta banyak tempat wisata di Wonosalam dan kedepan akan ditambah kembali wisata yang ada di Wonosalam. Masyarakat juga diharapkan dapat memanfaatkan dengan baik jalan yang telah perbaiki dan dilebarkan tersebut.

“Saya berharap setelah adanya pelebaran jalan ini semoga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, memperlancar aktivitas masyarakat serta dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada di Wonosalam ini merupakan salah satu dari janji kampanye kita dulu,” harapnya.

Sementara itu, Sarno (50) Warga Desa Tukum Kecamatan Wonosalam saat diwawancarai mengatakan sangat senang dengan adanya perbaikan dan pelebaran jalan disepanjang jalan arah Wonosalam karena jalannya di cor dan lebih kuat. Dengan adanya perbaikan jalan tersebut diharapkan nantinya banyak wisatawan yang berkunjung di wisata Wonosalam dan hasil panen tanaman warga yang ada di Wonosalam bisa langsung dijual tanpa harus dijual ke daerah lain sehingga menambah penghasilan warga meningkat, pungkasnya. (yun)