Caption Foto : Bupati Jombang didampingi Forkopimda memukul gong tanda dibukanya JCW

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menggelar Jombang Creative Week dengan tema “Meretas asa kreatif menuju Jombang berdaya saing,” dibuka oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab ditandai dengan pemukulan gong didampingi Forkopimda, Perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Kepala Disperindag dan Putri Jawa Timur serta Putri Jombang. Bertempat di Jalan Depan Pendopo Kabupaten Jombang. Rabu Malam (18/9/2019)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan Jombang kreatif ini untuk memotivasi semua pihak dalam pembangunan masyarakat kabupaten Jombang dan ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing bangsa sesuai dengan nawa cita Presiden Joko Widodo bahwa ekonomi kreatif menjadi tulang punggung perekonomian bangsa di masa mendatang.

“Saya mengapresiasi kepada panitia dan segenap pelaku industri kreatif atas terselenggaranya Jombang Creative Week. Ada penampilan fashion show yang posisinya sangat kreatif dengan menggunakan bambu di alon-alon Jombang, depan pendopo Jombang yang kreasinya sangat baik dan luar biasa sebagai gapura tanda masuk. Hal tersebut merupakan kreativitas yang sangat baik bagi warga masyarakat Jombang. Dapat disaksikan bersama kreativitas yang dilaksanakan menunjukkan industri maupun home industri kreatif dari masyarakat Jombang ¬†dengan dekorasi yang berbeda dan sangat luar biasa dan sesuai dengan Jombang creative week dengan kreasi yang luar biasa. Ini akan diteruskan dan dilanjutkan kedepan yang lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Lanjut Bupati, Pemerintah memiliki program pengembangan ekonomi kreatif melalui badan ekonomi kreatif untuk tataran daerah dan operasionalnya pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Jombang sudah waktunya menjadi jejaring kota kreatif Indonesia dengan Jombang Creative merupakan sebuah upaya membangun ekosistem kreatif yang kondusif. Semua itu merupakan sebuah  syarat rintisan yang kedepannya akan dipastikan hari jadi Kabupaten Jombang yang akan diputuskan dan diresmikan, serta tahun depan 2020 semua kegiatan dalam rangka hari jadi Kabupaten Jombang yang dapat dirasakan mulai dari tingkat RT/RW hingga tingkat kabupaten dengan rasa bangga adanya hari jadi kabupaten Jombang termasuk insan kesenian.

“Jombang sangat lengkap dan sangat kreatif, masyarakat Jombang dan anak-anak Jombang dilhat penampilannya yang luar biasa. Dengan adanya ekonomi kreatif untuk menopang perekonomian bangsa Indonesia. Kami atas Pemerintah Kabupaten Jombang mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam pelaksanaan agenda bulan berkunjung kabupaten Jombang hingga saat ini masih dapat terus melaksanakan agenda yang lain. Masyarakat dan pemerintah Kabupaten Jombang dapat bersama akan banyak kreatifitas yang dimunculkan oleh arek-arek Jombang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang Bambang Nurwijanto mengatakan Jombang Creative week ntuk mewadahi industri kreatif yang ada di kabupaten Jombang. Industri kreatif merupakan kegiatan usaha yang fokus pada kreasi dan inovasi yang memanfaatkan kreativitas serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu. Oleh karena itu dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan perekonomian.

“Jombang Creative week juga untuk menumbuhkan ekonomi dengan engine creativity atau mesin penggerak kreativitas berupa gagasan kreatif dan inovatif yang ditopang oleh kelengkapan infrastruktur kelembagaan dalam keterlibatan unsur diantaranya birokrasi, akademisi, bisnis dan komunitas, serta dukungan infrastruktur digital yang berkualitas dan modern dengan tujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif kabupaten Jombang secara sinegis dan berkelanjutan sehingga dapat mendorong pemerataan pembangunan daerah,” ujarnya.

Jombang creative week dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 18-20 September 2019 dengan lokasi kegiatan di Pendopo dan area jalan alun-alun Jombang. Didukung oleh komunitas dan pelaku industri kreatif yang ada di kabupaten Jombang. Menampilkan berbagai ragan kreativitas komunitas industri kreatif dari berbagai unsur kreatif, workshop, talk show, serta pameran sebanyak 20 stand, pungkas Bambang. (yun)