Caption foto : Juri Lomba menyanyi keroncong dan Para pemenang

mediapetisi.net – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menggelar lomba menyanyi keroncong dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 yang diselenggarakan pada 21-22 Agustus 2019. Bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Jombang. Kamis (22/8/2019)

Lomba menyanyi keroncong yang terdiri dari 3 kategori yakni tingkat SMP/MTs yang terdiri dari 27 peserta, tingkat SMA/SMK/MA terdiri dari 22 peserta dan tingkat umum terdiri dari 20 peserta. Lomba tersebut juga dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang drg. Budi Nugroho MPPM.  pada tanggal 21 Agustus 2019. 

Pada lomba tersebut terdapat 3 juri yang menilai dan memutuskan pemenang lomba diantaranya Kasmin, S.Pd, SH, Purwoko Santoso, S.Sos dan Drs. Hastuti Irin Pamursih. Mereka memutuskan pemenang tingkat SMP/MTs Putra juara I M. Haris Maulana dari SMP A. Wahid Hasyim, juara II Daffa Akbar dari SMPN 5 Jombang, juara III Hafid Aliy dari SMPN 2 Jombang, harapan I Sebastian dari SMPN 2 Jombang dan harapan II Dionne dari SMPK Petra. Sedangkan kategori SMP/MTs putri juara I Marselia Renata SMPN 1 Jombang, Juara II Hayunanda Maulida, juara III Nabila Rifdy, harapan I Wike Dyah Setyowati, harapan II Alia Oriza yang keempatnya merupakan siswi dari SMPN 2 Jombang.

Untuk pemenang tingkat SMA/SMK/MA, juara I Angelia Salsa dari SMAN 2 Jombang, juara II Rosari putri dari SMAN 1 Jombang, juara III Shonia Venie dari SMAN 3 Jombang, harapan I Hafid Aditya dari SMAN 1, harapan II M. Yusril dari SMAN 3 Jombang dan harapan III Olgi Joviar dari SMKN 1 Jombang. Untuk kategori umum, juara I Ronaldo Zaizar dari Sambong, juara II Ammi Farmasi dari Kaliwungu, juara III Sanjung Mega dari Mojongapit, harapan I Iin Hermiati dari Kesamben, harapan II Sri Utami dari Pulo Asri dan harapan III Rahardian Wahyu dari Plumpung Perak.

Salah satu panitia yang menjabat sebagai Kasi kesenian Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang, Heru Cahyono menjelaskan bahwa, peringatan HUT RI ke 74 Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Jombang mengadakan lomba keroncong yang diselenggarakan selama 2 hari, pada tanggal 21-22 Agustus 2019. Pada tanggal 21 Agustus 2019 untuk tingkat SMP/MTs dan tingkat SMA/SMK/MA dan pada tanggal 22 Agustus 2019 untuk tingkat umum.

“Pemilihan lomba bernyanyi lagu keroncong karena musik asli dari Indonesia yang dirasa tepat sebagai pilihan musik untuk bentuk ekspresi merayakan HUT Kemerdekaan RI dan tidak ada jenis musik lain yang tradisinya bernilai tinggi estetikanya dan etikanya, selain keroncong. Selain itu, untuk memperkenalkan kepada generasi penerus bangsa, karena dianggap keroncong juga musik yang cukup sulit dan anak-anak harus mengetahui musik asli Indonesia. Pendekatan di tahun ini tidak membatasi lagunya asalkan melebur menjadi satu dalam komposisi musik keroncong, yang bertujuan agar yang masuk ke Indonesia harus mampu meleburkan dirinya menjadi Indonesia,” ungkapnya.

Ronaldo Zaizar An-Nafi (19), pemenang pertama kategori umum yang berasal dari Perumahan Sambong permai telah mempersiapkan diri mengikuti lomba keroncong dengan latihan rutin setiap hari, mempersiapkan lagu, mempersiapkan improvisasi dan dinamikanya. Ronaldo menilai lomba menyanyi keroncong ini sangat positif, karena dengan adanya lomba ini dapat memupuk jiwa seni para pemuda yang ada di Kabupaten Jombang dan agar lebih mencintai musik keroncong yang asli dari Indonesia. 

“Saya berharap lebih banyak lagi lomba keroncong yang dapat divariasiakan, seperti dangdut keroncong, pop keroncong dan lainnya. Saya menyarankan agar peserta lebih bersemangat lagi kategori putra dan putri dipisah, sehingga yang putra tidak pesimis melihat yang putri,” pungkasnya. (rin)