JOMBANG :Penutupan Lomba Senam Dayung Piala Ketua Umum KONI Kabupaten Jombang Tahun 2018 dalam Rangka Hari Santri Nasional dan Spirit Kesuksesan Asian Games 2018 oleh Wakil Bupati Jombang. Hadir juga Asisten 3, Ketua Umum KONI, Sekum FJG, Wakil Ketua Perwosi, Ketua Anshor, Ketua Panitia beserta pengurus dan peserta lomba senam dayung. Bertempat di Lapangan Tenis Indoor Jombang. Minggu (21/10/2018)

Wakil Bupati Jombang Sumrambah menyampaikan lomba senam dayung merupakan rangkaian peringatan hari santri nasional tahun 2018 dan kesuksesan spirit Asian Games 2018. Senam dayung diyakini mampu memperbaiki fungsi kognitif otak sebagai salah satu fungsi kognisi tertinggi manusia.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang dan Masyarakat , kami apresiasi positif kepada semua pihak baik panitia maupun penyelenggara dan pihak sponsorship,” ujarnya.

Lanjut Sumrambah, Senam membuat jiwa sehat dan melatih daya pikir yang menguntungkan. Memasyarakatkan olahraga senam dayung sebagai sarana hidup sehat, ajang silaturahim dan hiburan yang dipenuhi keakraban dan kekeluargaan. Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Jombang untul meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembinaan fisik dan mental, jelasnya.

Sumrambah berharap lomba senam dayung diadakan terus, dikembangkan dan dilaksanakan secara berkesinambungan dan menjadi kegiatan masyarakat. Kalau seluruh masyarakat Kabupaten Jombang sehat akan menjadi insan yang produktif dan berdaya guna yang dapat disumbangkan untuk masyarakat, bangsa dan negara.

“Mari seluruh masyarakat Jombang untuk bersatu padu dan bersinegri dalam menggelorakan semangat berolahraga agar kebugaran masyarakat terwujud dan menjadi masyarakat yang sehat,” harapnya.

Ketua panitia Lomba senam dayung Agus Budi Hartono ketika dikonfirmasi mengatakan senam gayung dalam satu regu terdiri dari 20 orang, yang  dinilai meliputi, Teknik garak, kesesuaian antara gerak dengan musik, Formasi dan penampilan.

“Senam dayung merupakan gerakan menggayuh dayung yang dilakukan oleh Presiden Joko widodo saat pembukaan Asian Games 2018 sehingga menjadi inspirasi kreatifitas bagi generasi ┬ámelenial sebagai gerakan senam. Dengan gerakan yang cukup energik, senam membuat tubuh lebih sehat dan bugar karena menggerakkan olahraga masyarakat, hal ini dapat menjadi kebanggaan di negeri sendiri dengan begitu akan lebih mudah untuk menjadi massal,” ungkapnya.

Menurut Agus, dalam hidup yang sehat dengan semboyan “Men sana in corpore sano” semoga para pemuda dan pemudi santri sehat dan kuat baik jasmani maupun rohaninya serta dapat memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, sehingga dengan kegiatan yang positif akan menjauhkan dari pengaruh Narkoba dan Radikalisme, pungkasnya.

Perlu diketahui pemenang lomba senam dayung juara 1 diraih oleh Man 1 Jombang, juara 2 SMK PGRI 1 Jombang, juara 3 MA Darussalam Sengon, juara harapan 1 SMAN 1 Jombang, juara harapan 2 SMAN Jogoroto dan juara harapan 3 SMAN 2 Jombang. (yun)