Caption Foto : Bupati Jombang didampingi Forkopimda saat melaunching air minum Tiber

mediapetisi.net – Peringati HUT ke 32, Perumdam Tirta Kencana Jombang kenalkan produk air minum dalam kemasan Tiber (TirtaBerkah) oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Didampingi Wakil Bupati Sumrambah, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ketua Komisi B, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Dewan Pengawas Perumdam, Direktur BUMD Jombang, Ketua PERPAMSI Jatim, Direktur Perumdam Mojopahit Mojokerto, Direktur Perumdam Among Tirta Batu serta Pengurus DWP Perumdam Jombang. Bertempat di Halaman IPA Plandi Jombang. Senin (07/11/22) 

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengucapkan selamat ulang tahun kepada Perumdam Tirta Kencana yang ke-32, mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan di segala bidang, serta kemaslahatan bagi masyarakat secara adil dan merata, serta terus menerus melayani masyarakat Jombang dengan memberikan kualitas air yang memenuhi kesehatan dan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

“Saya berharap Perumdam Tirta Kencana Jombang terus berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan baru, dan memberikan sumbangsih bagi Kabupaten Jombang. Setelah mendapatkan BPOM air minum kemasan Tiber ini bisa dipasarkan pada masyarakat Jombang, dan bisa dikonsumsi setiap harinya karena hasilnya juga untuk membangun Jombang,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Perudam Tirta Kencana Jombang, Khoirul Hasyim mengatakan pengubahan paradigma tentang air berkait pengelolaan dan penggunaannya sangatlah dibutuhkan. Edukasi mengenai konservasi sumber air, termasuk juga ekploitasi dan pencemarannya. Sehingga kedepan, kebutuhan layanan dasar berupa akses air minum aman di Kabupaten Jombang dapat terjaga dengan baik. 

“Hal ini akan mustahil terjadi tanpa dukungan semua pihak mulai dari hulu hingga ke hilir. Karenanya di ulang tahun yang ke-32 ini, kami mengambil semangat “Trengginas”, yang berarti cekatan, cepat, tepat, dan selalu bersemangat untuk berkolaborasi dengan semua stake holder,” terangnya.

Sebagai salah satu BUMD yang mengelola dan melayani kebutuhan air minum untuk masyarakat. Perumdam Tirta Kencana terus berkolaborasi dengan stakeholder agar semakin bertumbuh dan bertambah maju. Transformas digital untuk moderinisasi layanan terus kami uapayakan guna menjawab tantangan era industry 4.0 dan society 5.0.

“Upaya peningkatan SDM melek teknologi berbasi IT terus kami dorong. Berbagai instrument kerja berbasis teknologi IT juga turut menjadi concern kami dalam mewujudkan good corporate culture, good corporate governance, pertumbuhan laba yang maksimal, serta pelayanan prima kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam upaya penambahan akses pelayanan air layak minum aman, tahun 2022 ini Perumdam Tirta Kencana Jombang sudah bekerjasama dengan kementrian PUPR, dengan unit pelaksana program yakni Perumdam Tirta Kencana Jombang didampingi oleh Dinas Perkim berhasil mendapatkan 1000 sambungan rumah baru yang telah terlaksana tepat waktu sesuai prosedur dan jadwal yang ditentukan oleh Kemetrian PUPR.

“Pertumbuhan dan perkembangan ini tentu tidak dapat terlepas dari bantuan dan kepedulian Ibu Bupati selaku KPM dan OPD teknis berkait serta seluruh stake holder termasuk yang terus memberikan supportnya kepada kami,” ungkap Hasyim. Selain itu, pada peringatan HUT ke 32 Perumdam Tirta Kencana meluncurkan produk baru yang berupa air minum dalam kemasan yang bernama Tirta Berkah yang diakronimkan menjadi Tiber. 

“Produk tiber ini belum kami edarkan ke masyarakat dikarenakan kami masih menunggu kesempurnaan instrumen termasuk izin BPOM, sementara ini yang sudah verifikasi lapangan hanya Halal dan SNI target kami insyaallah nanti bulan Desember sudah kelar semua dan setelah semua ini izin baik itu halal SNI dan BPOM keluar baru kami mengedarkan ke masyarakat. Jadi ini adalah air contoh, dibotol minuman yang tadi kami sajikan untuk tamu undangan juga terdapat tulisan tidak untuk diperjualbelikan,” ujar Hasyim.

Upaya Upaya tersebut merupakan bentuk diversifikasi usaha yang dilakukan oleh Perumdam Tirta Kencana sehingga tidak lagi melulu pada penditribusian air aman melalui jaringan perpipaan. Namun melalui kemasan yang terdiri dari varian gelas, botol, dan galon. Kedepan, sudah melakukan penandatangan kerja sama dengan Perumda Aneka Usaha Seger yang akan menjadi distributor utama dalam pemasaran dan persebaran Tiber.

“Kami sangat berharap kehadiran air mimum dalam kemasan Tiber ini, dapat menjawab kebutuhan air minum masyarakat KabupatenJombang, dan dapat menjadi solusi alternatif dalam pemenuhan kebutuhan air minum dalam kemasan serta menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten Jombang sebagai salah satu produk lokal daerah. Dukungan, koreksi, saran dan masukan guna sempurnanya produk Tiber sangat kami harapakan dari semua pihak,” tandas Hasyim.

Perlu diketahui, Perumdam Tirta Kencana di tahun 2022 mendapat anugerah berturut yakni TOP BUMD Award bintang 4 dan juga TOP Digital Award peringkat ke-2 Nasional. (lis)