Persiapan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Jombang Rekrutmen PanwaslucamPersiapan Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Jombang Rekrutmen Panwaslucam
Caption Foto : Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang Udi saat pemaparan
mediapetisi.net – BAWASLU ( Badan Pengawas Pemilihan umum) Kabupaten Jombang. Awasi tahapan Verifikasi Administrasi (Vermin) Partai Politik Calon peserta Pemilu tahun 2024 dan persiapan pengawasan Pemilu dan Pemilihan 2024 sekaligus sosialisasi rekrutmen Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) di 21 kecamatan di Kabupaten Jombang
Dihadiri ketua Bawaslu Kabupaten Jombang beserta jajarannya dan sejumlah media se Kabupaten Jombang. Kegiatan bertempat di kantor Bawaslu Jalan Raden 55 Jombang. Selasa (20/9/2022)
Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang Ahmad Udi Masjkur menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Jombang melakukan pengawasan tahapan Verifikasi Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 di KPU Kabupaten Jombang.
“Verifikasi Administrasi yang dilakukan KPU terdiri dari verifikasi administrasi dokumen persyaratan
keanggotaan partai politik, verifikasi administrasi terhadap surat pernyataan dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi belum memenuhi syarat dari partai politik serta klarifikasi secara langsung terhadap anggota Partai Politik yang belum ditentukan anggotanya,” terangnya.
Lanjut Udi, dari pengawasan tersebut Bawaslu Kabupaten Jombang mengeluarkan Saran Perbaikan dan telah ditindak lanjuti oleh KPU Kabupaten Jombang sesuai mekanisme yang berlaku.
“Diantaranya yaitu saran perbaikan terkait Aduan Masyarakat pencatutan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada data keanggotaan Partai Politik yang diinput dalam Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik ( SIPOL) sebanyak 5 (lima) orang,” ujarnya.
Ditempat sama Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Kabupaten Jombang Khudrotun Nafisah menyampaikan Rekrutmen Panwascam akan dilakukan secara menyeluruh guna memberi kesempatan kepada masyarakat Kabupaten Jombang yang
memenuhi syarat dapat berpartisipasi sebagai Pengawas Pemilu.
“Bawaslu Jombang, memberi ruang dan kesempatan kepada putra-putri terbaik Kabupaten Jombang, untuk berpartisipasi sebagai pengawas kecamatan Pemilu 2024 nanti,” ucapnya.
Bawaslu Jombang memanggil putra-putri terbaik untuk mendaftar Panwascam dan seleksi akan dilakukan secara terbuka dan transparan dengan mekanisme berbasis komputer. Dan untuk menjadi pengawas Pemilu merupakan kesempatan terbaik mendarma baktikan diri untuk bangsa dan negara.
Perlu diketahui, adapun pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwascam berlangsung selama 7 hari, yakni mulai 21- 27 September 2022 dan info lengkap dapat akses melalui bawaslu Jombang atau datang langsung dikantor bawaslu Jombang jalan Raden Wijaya 55 Jombang. Tahap selanjutnya penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan pada 28 – 30 September 2022.
“Sedangkan pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan dilaksanakan secara terbuka dengan tiga tahap seleksi. Diantaranya seleksi penelitian berkas administrasi, tes tertulis/computer assisted test (CAT) dan tes wawancara,” pungkas Nafisah. (lis)