Caption Foto : Bupati Jombang bersama Kakanwil Kantah dan Kepala Kantah Jombang serta Sekda

mediapetisi.net – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab komitmen mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jombang dengan Boarding Ladara untuk UMKM binaan Ikawati (Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati) Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang, Jumat (9/9/2022)

Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh Bupati Mundjidah Wahab. Ikut mendampingi, Sekdakab Jombang Agus Purnomo, Kepala Kantor Wilayah Nasional Badan Pertanahan Provinsi Jawa Timur Ir H Jonahar MEC Dev, Ketua Ikawati Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang Kholifatusa’diyah, Kresna Fitriansyah Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang dan disaksikan seluruh undangan dan perwakilan UMKM yang hadir.

Bupati Mundjidah Wahab juga menyaksikan Penandatanganan MoU antara UMKM Binaan Ikawati Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang, yakni Afwa Craft, Ike Norawati, dengan Cholifatusa’diyah Ketua Ikawati Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang.

Bupati Mundjidah mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan BPN Jombang yang bekerjasama dengan PT. Ladara,. Kegiatan tersebut selaras dengan instruksi Presiden Joko Widodo yakni UMKM di Indonesia harus naik kelas dengan mengikuti era digitalisasi. Salah satunya, dengan mengembangkan pemasaran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui pasar online.

”Ladara adalah sebuah platform marketplace dan sistem baru pemasaran produk unggulan berbasis digital (finansial teknologi). Harapannya, melalui Ladara, kita dapat mendukung dan memperkenalkan produk-produk karya anak bangsa baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional. Terutama di masa pandemi seperti ini, di mana proses jual beli lebih banyak dilakukan secara online. Dengan UMKM masuk ke dunia digital melalui ladara ini, diharapkan ke depan dapat membangkitkan perekonomian Kabupaten Jombang,’’ paparnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan informasi kepada pelaku UMKM yang ada di Jombang bahwa kita harus betul-betul berubah, tentunya dari sisi kualitasnya, pengemasannya sampai dengan pemasarannya harus kita perbaiki, dalam arti bagaimana produk-produk lokal tidak hanya bisa diterima di pasar lokal, tapi juga di pasar Regional, Nasional bahkan Internasional sehingga dapat lebih dikenal dan memiliki daya saing.

“Semoga UMKM binaan Kantor BPN Jombang ke depan semakin maju dan besar, sehingga dapat turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung tercapainya visi Jombang yang berkarakter dan berdaya saing,’’ harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Nasional Badan Pertanahan Provinsi Jawa Timur  Jonahar mengajak masyarakat agar mencintai dan menggunakan produk lokal. Dia berharap, dengan acara ini UMKM Jombang bisa naik kelas. Acara ini tidak sekadar menjadi kegiatan seremonial saja. Namun harus bisa menjadikan produk lokal kita naik kelas bahkan bisa Go Internasional melalui pemasaran digital.

“Sesuai arahan dari Menteri, ini yang pertama bahwa para UMKM di Jombang diberi fasilitas gratis untuk ngurus sertifikat tanah karena dibiayai oleh Bank UMKM,” tukasnya. (lis)