Caption Foto : Bupati Jombang didampingi Asisten 1 saat ngobrol bareng bersama pegiat lingkungan

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang memfasilitasi bertemunya para pegiat/pemerhati lingkungan untuk duduk bersama dengan Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, ngobrol santai ditaman belakang Rumah Dinas Bupati Jombang, Jumat (24/6/2022)

Tema Ngobrol Pagi itu yakni membincang “Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup”. Tampak hadir diantaranya dari Lakpesdam NU, Woman Crisis Center, Usaid Madani, LBH Tri Sukma, Sanggar Hijau Indonesia, pegiat pendidikan, Brantas Berjaya, NU Online, LPPA, FKH, Santri Jogo Kali, Gusdurian, FRMJ serta dari beberapa institusi pemerhati lingkungan lainnya.

Bupati Mundjidah mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi pada Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta seluruh jajarannya yang telah mengundang para pegiat lingkungan di Kabupaten Jombang, serta para Staf ahli, Asisten dan Kepala OPD terkait yang hadir.

“Alhamdulillah, pagi ini kita dapat bersama sama sarapan, ngopi bareng, ngobrol santai di taman belakang Pendopo Pemkab Jombang, menghormat para tamu Pemerhati Lingkungan di Kabupaten Jombang dalam suasana lebih nyaman, dalam suasana lingkungan yang lebih indah,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Jombang mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama menjadikan dan menciptakan Jombang yang ramah lingkungan. Yakni lingkungan yang sehat, lingkungan yang benar-benar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang berkelanjutan. Bagaimana mengatasi persoalan sampah dan sebagainya.

Bupati berharap komunikasi, diskusi, sambung rasa yang komunikatif dapat berkelanjutan tidak hanya sekali saja, tapi berkelanjutan untuk membincang hal-hal, persoalan, inisiatif, usulan apapun yang mengarah demi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat Kabupaten Jombang.

“Tidak perlu ada demo yang hanya akan mengganggu ketertiban dimasyarakat terutama lalu lintas, tidak perlu ada cuitan dimedsos yang hanya akan menimbulkan fitnah. Melalui forum seperti ini jauh lebih efektif, sampaikan kepada Kepala OPD terkait yang merupakan kepanjangan dari Bupati, pun demikian seterusnya hingga yang ada ditingkat Desa melalui mekanisme yang ada, tentusaja secara bersama sama kita akan cari solusinya,” harapnya.

Bupati menyebut bahwa pada hakekatnya kita semua adalah bersama sama berkomitmen menjadi pelayan masyarakat yang baik, pelayanan yang harus mengerti apa yang dikehendaki oleh masyarakatnya, kemudian bagaimana memfasilitasinya agar dapat memberikan kepuasan, kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat, meskipun didalam perjalanannya tentu pasti ada persoalan juga kendala. Oleh karenanya segala sesuatu harus di urai dengan duduk bersama dan dimusyawarahkan dengan baik.

“Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Jombang akan membangun gedung kesenian yang anggarannya 4,6 M, lokasinya ada di dekat indoor tennis, belakangnya Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Ngobrol pagi itu, yang dipandu oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Purwanto, MKP, mendapat respon positif dari pemerhati lingkungan dengan adanya keterbukaan dialog yang ada. Dari perbincangan tersebut beberapa pemerhati lingkungan ikut memberikan saran masukkan akan pentingnya memperhatikan lingkungan terutama wajah kota Jombang. 

Khususnya yang berada di exit tol Tembelang dan Bandarkedungmulyo. Sukses tidaknya pembangunan lingkungan sangat tergantung dari dimulainya perencanaan yang baik. Perencanaan pembangunan juga diharapkan responsif gender. Hingga pentingnya membangun Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan kapasitas mereka guna menyamakan persepsi akan pentingnya lingkungan yang bersih, indah, sehat dan nyaman.

Kepala OPD yang mendapat kesempatan untuk menanggapi pertanyaan dan menyampaikan program program pembangunan yang telah dilaksanakan diantaranya dari Kepala Dinas PUPR, Bayu yang menyampaikan terkait pembangunan infrastruktur serta program kolaborasi yang