Caption Foto : Wabup Sumrambah saat menghadiri Sedekah Hasil Panen Gawai Bumi Sumbersoko 2 Jatiwates 

mediapetisi.net – Berbagai cara dilakukan oleh warga untuk mensyukuri hasil bumi di Kabupaten Jombang, salah satunya Sedekah Hasil Panen Gawai Bumi Sumbersoko 2 Jatiwates dengan tema “Menguatkan kembali semangat kegotong royongan guna mempertahankan tradisi yang adi luhum”.  Dihadiri Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sholahuddin Hadi S., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Senen, Forkopimcam Tembelang, Kepala Desa beserta Perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat. Bertempat di Punden Dusun Sumbersoko Desa Jatiwates Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Jum’at (10/6/2022)

Sedekah kali ini dilaksanakan dengan mempertunjukkan persembahan drama tari kolosal, pawai, yang akan dilanjutkan pertunjukan wayang dan nanti malam akan ditampilkan pertunjukan campur sari.

Wakil Bupati Sumrambah mengatakan mengapresiasi atas terselenggaranya Sedekah Hasil Panen Gawai Bumi Sumbersoko 2 karena dengan adanya kegiatan ini menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi warga dalam upaya melestarikan untuk mengembangkan nilai budaya agar membantu tumbuh dan berkembang

“Hal ini perlu dilakukan agar nilai budaya positif bisa diwariskan oleh penerus kita, sehingga tidak akan sirna dari kemajuan zaman. Sikap ini bukan berarti menutup diri dari kemajuan global dinamis melainkan sikap tanggung jawab kita menyerahkan tonggak estafet ke tangan selanjutnya,” terangnya.

Selain itu, sedekah hasil panen tersebut untuk menjalin silaturahmi juga mensyukuri hasil panen masyarakat dan yang paling penting bersyukur dengan hati yang suci. Kepada kapala desa Jatiwates agar membangun desa dan harus mempunyai tekad yang kuat juga hati yang bersih

“Terus lestarikan budaya dan kerukunan karena tanpa kerukunan tidak akan mungkin bangsa ini akan besar, karena dengan kerukunan dan bersama-sama menjadikan bangsa ini besar,” harap Sumrambah. 

Sementara itu, Kepala desa Jatiwates Ayudin Karimin menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati dan seluruh yang mendukung acara tersebut. Sedekah hasil panen gawai Sumbersoko 2 tersebut dilaksanakan karena warga memohon keberkahan agar lahan pertanian subur dan petani bisa hidup layak.

“Kami bersama warga berharap, kedepannya panen semakin melimpah dan kesejahteraan bertambah. Terutama agar pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga kegiatan bisa kembali aktif dan perekonomian bisa kembali meningkat,” tandasnya. (lis)