Caption Foto : Ketua Umum dan Pengurus GANN Jombang

mediapetisi.net – GANN (Generasi Anti Narkotika Nasional) Kabupaten Jombang mengapresiasi Bupati dan DPRD Jombang terhadap pembahasan Raperda tentang fasilitasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba atau P4GN. Dikarenakan memang zat adiktif ini telah meluas sampai ke pelosok pleosok desa sehingga diperlukan perda yang berguna untuk menghambat peredaran. 

“Pembentukan Raperda tentang fasilitasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta precursor narkotika, penyalagunaan narkotika, psikotropika dan zat aditif lainya yang telah meluas sampal wilayah pelosok pedesaan di kabupaten Jombang, Permasalahan narkoba di Jombang sesuatu yang bersifat urgent dan kompleks. Dalam kurun waktu satu dekade terakhir permasalahan ini menjadi marak. Terbukti dengan bertambahnya jumlah penyalahguna atau pecandu narkoba secara signifikan, seiring meningkatnya pengungkapan kasus tindak kejahatan narkoba yang semakin beragam polanya dan semakin masif pula jaringan sindikatnya,” terang Rohmad Abidin Ketua Umum GANN kabupaten Jombang. Rabu (8/6/2022)

Saat ini kita sedang dihadapkan pada keadaan yang sangat megkhawatirkan akibat maraknya pemakaian bermacam-macam jenis narkoba secara ilegal. Kekhawatiran ini semakin dipertajam akibat maraknya peredaran gelap narkotika yang telah merebak di segala lapisan masyarakat, termasuk di kalangan generasi muda. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan negara pada masa mendatang.

Perilaku sebagian remaja yang secara nyata telah jauh mengabaikan nilai-nilai kaidah dan norma serta hukum yang berlaku di tengah kehidupan masyarakat menjadi salah satu penyebab maraknya penggunaan narkoba di kalangan generasi muda. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat masih banyak dijumpai remaja yang masih melakukan penyalahgunaan narkoba. Untuk itu upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba segera dilakukan secara sistematis. 

“Saya berharap ada sinergritas antara pemerintahan daerah, yang nantinya kedepan ada sinergitas antara pemerintah daerah dengan lembaga – lembaga Swadaya masyarakat yang bergerak di pemberantasan narkoba. Kita juga berharap turut melibatkan stakeholder sampai ditingkat desa agar bisa menghambat peredaran narkoba. Kedepan di Kabupaten Jombang ada Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNKK) karena bagaimana pun itu akan menjadi wewenang daerah agar bisa mendirikannya yang akan menjadi komando pemberantasan narkoba,” harap Rohmad. (lis)