Caption Foto : Wabup Sumrambah didampingi Kepala Desa Plandi saat meresmikan Gerdu Papak

mediapetisi.net – Kelompok masyarakat peduli budaya mempersembahkan sedekah bumi parimono dan peresmian cagar budaya Gerdu Papak diresmikan oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah. Dihadiri Wakil Ketua DPRD Jombang Donny Anggun, Kepala Desa Plandi Dwi Priyanto beserta Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Bertempat di area sekitar cagar budaya Gerdu Papak Dusun Parimono Desa Plandi Kecamatan/Kabupaten Jombang. Sabtu (26/02/22)

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah mengapresiasi kelompok masyarakat peduli budaya yang telah mempersembhankan sedekah bumi parimono serta cagar budaya Gerdu Papak yang merupakan ikon di Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang.

“Semoga dengan adanya Gerdu Papak yang di bangun kembali, Desa Plandi bisa menjadi desa yang makmur , rukun dan barokah serta bisa menjadi ikon cagar budaya Dusun Parimono Desa Plandi Kecamatan/Kabupaten Jombang,” tuturnya.

Di tengah-tengah kegiatan yang di selimuti dengan hujan, Sumrambah mengajak masyarakat Desa Plandi Kecamatan/Kabupaten Kabupaten Jombang agar bisa menjadi desa yang rukun dan bisa sama sama memajukan desa, harapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Jombang, Donny Anggun menyampaikan bagaimana pun itu Gerdu Papak merupakan ikon yang sudah di kenal oleh kalangan masyarakat. Maka dari itu yang awalnya Gerdu Papak tidak kelihatan ikonnya, mulai sekarang Gerdu Papak sudah kelihatan ikonnya dengan bangunan yang sederhana tapi unik.

“Tak lupa bahwa dengan dibangunnya Gerdu Papak ini merupakan arahan dari Wakil Bupati Jombang. Masih banyak yang harus diperbaiki di Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang terutama di Dusun Parimono untuk kedepannya. Salah satunya yakni perluasan wilayah Dusun Parimo Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Dusun Parimono akan di perluas ke selatan,” ujar Donny.

Lanjutnya, dengan adanya hal tersebut maka Dusun Parimo Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang harus siap untuk lebih maju karena Dusun Parimono akan dilakukan perluasan wilayah, terang Donny.

Sementara itu, Kepala Desa Plandi Dwi Priyanto mengatakan dengan adanya cagar budaya Gerdu Papak masyarakat Desa Plandi Kecamatan Jombang bisa lebih maju dan lebih makmur. Gerdu Papak merupakan cagar budaya yang harus di jaga. Dengan di bangunnya atau di perbaiki nya Gerdu Papak maka harus lebih dijaga dan di budayakan. Harus di pertahankan ke bagusannya dan keindahannya.

“Saya mengucapkan terimakasih Wakil Bupati Jombang Mas Sumrambah dan Wakil Anggota DPRD Mas Donny yang telah mensuport pembangunan Gerdu Papak ini. Terima kasih juga kepada panitia pembangunan Gerdu Papak yang sudah berusaha memperbaiki dan membangun salah satu ikon Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang,” pungkas Dwi. (lis)