Caption Foto : Kepala SMA Negeri 1 Jombang saat ditemui giat Expo Campus

mediapetisi.net – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jombang  gelar  Expo Campus dengan tema “Prepare Yourself and Be Better Genertion”. Diikuti 30 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Jawa – Bali. Bertempat di halaman SMA Negeri 1 Jombang. Senin (17/01/22)

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jombang, Zainal Fatoni menyampaikan bahwa Expo Campus diadakan setiap tahun, namun 2 tahun kemarin Expo campus di SMA Negeri 1 Jombang tidak bisa mengadakan karena ada pandemi Covid 19. Expo campus diadakan dengan mengundang para alumni dari SMA Negeri 1 Jombang yang ada di perguruan tinggi negeri, swasta maupun kedinasan se Jawa – Bali.

“Sementara ini, Expo Campus yang diundang ada 30 kampus, mereka kita undang dalam rangka memberikan informasi sebanyak banyaknya kepada adik kelas khususnya kelas 12 agar anak anak kelas 12 dapat memahami dan mengerti bagaimana caranya masuk ke perguruan tinggi baik melalui SBMPTN, SNMPTN , maupun dengan jalur mandiri,” terangnya.

30 kampus yang hadir dalam Expo Campus SMA Negeri 1 Jombang diantaranya UGM, UNEJ, UB, UMM, UNESA, UNAIR, UM, ITS, UI, STIKES Pemkab, POLIJE, POLINEMA, ISI Surakarta, UNDIP, PENS, STIE, IIKBW, UNS, IPDN, IPB, STKIP, ITN, UPN JATIM, TELKOM, PPNS, UNISMA, ISI Yogyakarta, UNTAG, PNM MADIUN, dan IT TELKOM SURABAYA serta Kepolisian.

Dengan adanya kegiatan Expo Campus juga diharapkan agar anak – anak didiknya yang akan meneruskan ke jenjang perkuliahan tidak salah memilih jurusan dan dapat memilih jurusan yang tepat sesuai kemampuan masing-masing.

“Saya berharap dengan mengundang kampus se Jawa Bali, tahun depan ada peningkatan dalam artian peningkatan yang ikut expo campus di SMA Negeri 1 Jombang dan peningkatan lebih banyak anak-anak saya di terima di perguruan tinggi negeri terutama jalur SNMPTN,” harap Fatoni.

Tidak hanya itu, Fatoni juga memberikan apresiasi pada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Jombang yang telah melancarkan dan memeriahkan kegiatan expo campus tersebut meskipun Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Jombang ini baru dilantik, tandssnya.

Sementara itu, Ketua OSIS SMA Negeri 1 Jombang Pungky Wahyu Febrian mengatakan salah satu keuntungan mendatangi expo campus adalah kesempatan untuk berbicara langsung dengan kampus yang membuka pendaftaran. Artinya menanyakan semua hal tentang pendaftaran, program kuliah, dan hal lainnya.

“Siswa SMA Negeri 1 Jombang yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan masih bingung ingin mendaftar ke jurusan apa, atau kuliah dimana, maka siswa bisa bertanya pada mahasiswa yang mewakili kampus yang akan memberikan masukan, dan bahkan memberikan tips penting yang dapat memperbesar peluang mengetahui perguruan tinggi yang diinginkan,” pungkasnya. (lis)