Caption Foto : Bupati Jombang bersama Wakil Ketua Komisi D, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Jatim dan Jombang

mediapetisi.net – Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang menyelenggarakan Bimtek Komite Sekolah atau Madrasah dengan tema “Peran komite dalam mendampingi perkembangan penjaminan mutu pendidikan di kabupaten Jombang” dibuka oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Timur Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad Dip SEA M. Phil. Ph.D. sebagai nara sumber. Hadir juga Wakil Ketua Komisi D DPRD Jombang H. Moh. Syarif Hidayatullah ST. MT, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Kamis (2/12/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengatakan bahwa atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, serta seluruh warga masyarakat Jombang, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Insan Pendidikan yang telah memajukan Bidang Pendidikan di Kabupaten Jombang. Pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung sejak pertengahan Maret 2020 sampai sekarang, telah berdampak luas pada sektor pendidikan khususnya. 

“Setelah beberapa lama kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara daring, tapi mengingat status PPKM Kabupaten Jombang sudah turun menjadi level 1, Alhamdulillah kini semua sekolah di Kabupaten Jombang sudah menerapkan Pembelajaran Tatap Muka terbatas dengan skema bertahap,” ungkapnya.

Terjadinya pandemi covid-19 pada aspek lain justru memicu terjadinya berbagai inovasi dan kreativitas dari para guru maupun muridnya dalam mereformulasikan kembali berbagai metode pembelajaran yang efektif dan efisien.

Bupati berharap Komite Sekolah untuk menjalankan amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2020 tentang Komite Sekolah. Komite sekolah memiliki fungsi untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, memberikan arahan, pertimbangan dan pengawasan terhadap pengelolaan manajemen pendidikan serta pembangunan fasilitas pendidikan di semua jalur dan jenjang pendidikan, secara gotong royong, demokratis, mandiri, profesional dan akuntabel.

“Untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Jombang, membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak mulai dari guru, orangtua/wali, kepala sekolah, murid, pengawas, Dinas Pendidikan, Kementerian terkait, Dewan Pendidikan, pemerhati Pendidikan, masyarakat, dan Komite Sekolah,” terangnya.

Pemerintah kabupaten Jombang senantiasa memerlukan dukungan, kerjasama dan sinergi dari komite sekolah untuk ikut memajukan pendidikan dan sekolah-sekolah di Kabupaten Jombang untuk mendukung tercapainya visi bersama mewujudkan Jombang Yang Berkarakter dan Berdaya Saing

“Untuk itu, Komite sekolah agar lebih kritis dan aspiratif dalam menyuarakan kepentingan peserta didik, orang tua murid, dan masyarakat. Dengan demikian, komite sekolah selalu dapat menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi warga sekolah dan masyarakat berdasarkan hasil pengamatan atas kinerja sekolah. Karena itu masyarakat melalui komite sekolah dapat melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan pendidikan,” tandas Mundjidah.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang M. Gufron mengatakan karena masih ditemukannya berbagai kendala yang dihadapi oleh para Komite Sekolah dalam memajukan sekolah masing-masing, mendorong bagi Dewan Pendidikan untuk melakukan  Pemberdayaan Komite Sekolah se-Kabupaten Jombang sehingga kehadirannya semakin optimal. 

Bimtek tersebut untuk mengoptimalisasikan peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Jombang, menjalin kerjasama antara Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang dan Komite Sekolah dalam berkontribusi memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Jombang, dan sebagai medium untuk mensinergikan berbagai program yang dimiliki oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang dengan pihak terkait dalam memajukan dunia pendidikan di Jombang

“Komite sekolah sebagai salah satu institusi penting dalam menjamin terwujudnya sekolah yang bermutu baik dan terjamin, membutuhkan kepedulian dan komitmen dari berbagai pihak untuk terus memperjuangkan adanya pemerataan kualitas pembelajaran bagi setiap peserta didik dan menjamin semakin profesional dan sejahteranya kehidupan para guru. Bimtek ini diikuti Komite Sekolah SDN/MIN dan SMPN/MTSN se-Kabupaten Jombang,” pungkasnya. (lis)