Caption Foto : Bupati Jombang saat menyerahkan bantuan ke korban angin puting beliung

mediapetisi.net – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab didampingi Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas Perpustakaan, Kepala BPBD dan Camat Plandaan meninjau kondisi rumah warga yang rusak terdampak angin puting beliung di Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Selasa (30/11/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengatakan memang beberapa hari terakhir Kabupaten Jombang  cuacanya hujan disertai angin. Banyak rumah warga di kecamatan Plandaan rusak akibat terjangan angin puting beliung. Mereka yang menjadi korban puting beliung sangat butuh perhatian utamanya dari Pemerintah. Untuk itu Bupati Mundjidah tak segan-segan untuk terjun langsung memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung dan menyapa masyarakat di sekitar korban puting beliung di Desa Puri Semanding Kecamatan Plandaan. 

“Kami menyalurkan bantuan material berupa genteng, gavalum, usuk, reng, pasir, semen dan batu bata. Sedangkan untuk kebutuhan sehari – hari diberikan kepada warga terdampak, ada bantuan dari BPBD maupun Dinas Sosial berupa 31 paket sandang pakaian dewasa maupun anak, Selimut, Sabun batang, Handsanitizer dan kasur serta perlengkapan dapur,” ungkapnya.

Dari hasil pendataan yang dilakukan desa setempat, total ada 39 warga terdampak yang tersebar di Dusun Puri RT 05 RW 02 dan RT 03 RW 01. Sebanyak 39 Rumah Rusak itu mulai tertangani yang terdiri dari 8 rumah rusak berat, 8 rusak sedang dan 23 rusak ringan. Pemerintah memberi bantuan sesuai dengan kebutuhan warga terdampak puting beliung.

Bupati berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban warga, sehingga mereka dapat tinggal dengan nyaman dirumah mereka. Selain itu juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada khususnya saat terjadi hujan lebat disertai angin. Apalagi BMKG sudah mengumumkan bahwa untuk beberapa kedepan wilayah Jawa Timur rawan cuaca ekstrem.

“Bencana bisa terjadi kapan saja. Untuk itu terus tingkatkan kewaspadaan dan ikuti perkembangan cuaca,” tandasnya. (lis)