Caption Foto : Bupati didampingi Wakil Bupati Jombang saat menyaksikan langsung pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 200 Abang Becak.

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang menggelar Bakti Sosial (baksos) dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 57, yang diperingati setiap tanggal 12 November. Bakti Sosial melibatkan sinergitas Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan yang ada di Kabupaten Jombang dilaksanakan di lapangan Pemkab Jombang. Senin (22/11/2021)

Dengan sistem semi drivethrough para Abang Becak dengan membawa becaknya telah antri dengan tertib dan tetap prokes untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa skrining penyakit tidak menular (PTM), Hipertensi (HT), Diabetes Mellitus (DM) dan katarak. Setelah selesai menjalani pemeriksaan mereka pulang dan mendapatkan sembako.

Kepala Dinas Kabupaten Jombang drg. Budi Nugroho, MPPM menyampaikan jika dari pemeriksaan kesehatan Abang becak ini ditemukan positif sakit, langsung diberikan pengantar (rujukan) ke puskesmas sesuai domisili. Tetapi jika ada kasus katarak, pasien umum (tidak punya kartu BPJS) dapat langsung dirujuk ke Klinik Mata Mojoagung atau RSI untuk ditindaklanjuti secara gratis. Bagi yang punya kartu BPJS, dirujuk ke PPK 1 (pemberi pelayanan kesehatan tingkat pertama) sesuai kartu.

“Sedangkan untuk Baksos yang akan dilaksanakan di Desa Sumbernongko Ngusikan dengan sasaran 200 kaum dhuafa, dan di Balai Desa Panglungan Wonosalam dengan sasaran 200 kaum dhuafa. Berupa skrining katarak, pemeriksaan dan pengobatan serta pembagian sembako dengan metode konvensional, dengan sasaran keluarga kurang mampu,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab didampingi Wakil Bupati Jombang Sumrambah bersama Kepala OPD terkait dan para Direktur Rumah Sakit, menyampaikan terima kasih dan   mengapresiasi positif kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh seluruh Insan Kesehatan di Kabupaten Jombang untuk Abang becak dan keluarga kurang mampu, memperingati Hari Kesehatan Nasional HKN Ke 57, tahun 2021

“Terkait perkembangan Covid-19, data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang pada November 2021 menunjukkan bahwa perkembangan kasus harian positif covid-19 di Kabupaten Jombang semakin menurun. Jombang sudah masuk level 1. Namun demikian pesannya kepada seluruh masyarakat Jombang tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid19. Kewaspadaan diri harus ditingkatkan guna mencegah lonjakan kasus yang tinggi kembali,” jelasnya.

Sedangkan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun ini mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif sehingga Indonesia kembali sehat dan kembali tumbuh.

“Selain itu berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk preventif, deteksi, dan responsif dengan harapan jumlah kasus menurun dan kesembuhan meningkat serta kematian dapat dicegah. Selamat hari Kesehatan Nasional ke-57, semoga kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan agar tercipta Sumber Daya Manusia unggul yang bermartabat dan berkualitas untuk pembangunan bangsa dan tercapainya visi bersama Mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” pungkas Bupati Mundjidah. 

Perlu diketahui, baksos selanjutnya dilaksanakan di Balai Desa Sumbernongko Ngusikan, dan Balai Desa Panglungan Wonosalam, pada Rabu 24 November 2021. (lis)