Caption Foto : Bupati Jombang bersama PD Dewan Masjid Indonesia Jombang

mediapetisi.net – Pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jombang periode 2021 – 2026 di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jombang oleh Drs. H.M Roziki, M.M., Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DMI Provinsi Jawa Timur disaksikan oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Purwanto MKP, Kepala OPD. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Selasa (9/11/2021

Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Jombang, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab  menyampaikan selamat kepada pengurus Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Jombang periode 2021 – 2026, yang baru dilantik. Semoga kepengurusan DMI yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah, sehingga bisa memberdayakan masjid untuk melakukan upaya edukasi dakwah dalam rangka peningkatan karakter dan moral terutama untuk generasi muda.

“Saya berharap pengurus DMI dapat menguatkan peran DMI dalam memakmurkan masjid dan mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat. Selain itu bisa menjadi pengayom terhadap seluruh masjid serta dapat menjadi Pusat Pembinaan Umat di Jombang. Masjid bisa memberikan dampak ekonomis terhadap lingkungan sekitarnya dan bisa menjadi makmur, bersih dan lengkap fasilitasnya karena didukung oleh masyarakat sekitarnya yang mempunyai kehidupan ekonomi yang cukup kuat pula. Masjid jika memiliki lembaga keuangan yang baik, tentu bisa membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitarnya,” harapnya.

Saat ini Pemkab Jombang telah memberikan insentif kepada Hafidz Hafidzoh. Ada sekitar 600 lebih Hafidz Hafidzoh yang nantinya bisa bersinergi dengan DMI untuk turut memakmurkan masjid. Fungsi Masjid memang harus dikembangkan dan dimaksimalkan. Masjid harus dijadikan pusat kegiatan umat Islam, baik untuk kegiatan keagamaan, sosial, kemasyarakatan maupun kegiatan ekonomi.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga telah mengalokasikan dana program Berkadang Rp 200 juta per desa. Selain bisa diperuntukkan membangun rumah tidak layak huni, paving area masjid, juga memperbaiki tempat wudlu. Saat ini ada sekitar 1628 Masjid di Jombang ” Tempat wudlu laki laki dan perempuan harus terpisah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPW DMI Provinsi Jawa Timur H.M. Roziki, menyampaikan selamat kepada DMI yang baru dilantik segera melaksanakan tugas pengabdian untuk kepentingan komunitas masjid di Kabupaten Jombang. Tugasnya memakmurkan seluruh masjid. “Semboyan DMI adalah memakmurkan masjid dan dimakmurkan oleh masjid. Memakmurkan secara lahiriah batiniah juga ekonominya. Makanya DMI Pusat hingga Daerah bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Jamaah masjid yang memiliki usaha UMKM bisa dibantu dan didampingi oleh BSI. Bahkan bisa bersinergi dengan BAZNAS juga.

“DMI sebagai mitra strategis Pemerintah Daerah, diharapkan senantiasa menguatkan sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk Pemerintah Daerah. Semoga kegiatan ini bisa semakin mensinergikan antara pemerintah dan juga Dewan Masjid Indonesia, serta masjid-masjid besar yang ada di Kabupaten Jombang,” pungkasnya.

Dalam pelantikan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PD DMI Kabupaten Jombang dengan Bank Syariah Indonesia, Cabang Jombang antara Drs. H. Mastur Baidlowi, selaku Ketua DPD DMI Kabupaten Jombang dengan BSI Jombang.

Susunan Kepengurusan DMI Kabupaten Jombang 2021 – 2026 diantaranya Dewan Mustasyar Bupati Jombang; Kepala Kemenag, Ketua MUI, Ketua PCNU dan Ketua PD Muhammadiyah Jombang. Dewan Penasehat KH. Usman Effendi, KH. Achmad Hasan Hasibuan dan H. Nur Habib Adnan M.Pd.I

Sedangkan Pimpinan Harian diantaranya H. Mastur Baidlowi, Wakil Ketua I H. Basyaruddin, Wakil Ketua II H. Didin Achmad Sholahuddin, Wakil Ketua III Farid Wadjdi Khafidz, Wakil Ketua IV H. Warsubi,