Caption Foto : Kepala Dinas Kominfo Jombang Budi Winarno saat mengikuti rakernas

mediapetisi.net – Forum Komunikasi Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (FORK4SI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.  Dihadiri Bupati Gorontalo, Prof. dr Nelson Pomalingo; kemudian Direktur SUPD II, Dirjen serta Syaiful Garyadi selaku Asdep Koordinasi Tata Kelola Pemerintahan Kemenko Polhukam dan diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Budi Winarno, ST, MSi. Bertempat di Hotel Metro Park View Kota Semarang. Jumat (5/11/2021)

Ketua FORK4SI, Haris Suparto Tome mengatakan, digelarnya Rakernas Fork4si tak lain untuk menyamakan visi misi sekaligus persepsi dalam menjalankan program percepatan di bidang komunikasi dan informatika. Utamanya program Smart City yang seharusnya dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah, stakeholder, dan seluruh komponen masyarakat.

“Untuk mendorong lahirnya smart city di daerah, bukan hanya dilakukan oleh Dinas Kominfo saja namun harus dilakukan oleh seluruh stakeholder di daerah itu yang disebut Orkestrasi Digital,” ujarnya.

Selain membahas perihal Smart City dan layanan digital public, Rakernas tersebut sengaja digelar untuk memecah “kebuntuan” komunikasi antara Dinas Kominfo di daerah dengan Kementerian Kominfo RI. Sehingga diharapkan, begitu rakernas selesai digelar, maka tercipta komunikasi dan jalinan yang sangat baik antara Dinas Kominfo di Kota/Kabupaten di Indonesia dengan Kementerian Kominfo RI.

“Kami mengundang Pak Ganjar untuk hadir membuka Rakernas FORK4SI. Selain itu, kami berharap dukungan untuk membantu memecah ‘kebuntuan’ komunikasi dengan Kominfo RI, bahwa kami di daerah-daerah ini perlu diperhatikan,” terang Haris.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menekankan pentingnya komunikasi sebagai upaya menyelesaikan permasalahan kurangnya perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI kepada Dinas Komunikasi Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Komunikasi antara pusat, dalam hal ini Kominfo RI sebagaimana dikeluhkan oleh teman-teman Forum Kadis Kominfo Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (FORK4SI) belum terjalin dengan baik, hal ini bisa diselesaikan dengan sinkronisasi dan membangun pola komunikasi yang baik,” ucapnya.

Ganjar mengatakan, keluhan merasa tidak diperhatikan oleh Kominfo RI adalah bagian dari dinamika otonomi daerah. “Begitulah otonomi, ada yang merasakan enak dan ada yang merasa tidak nyaman, begitulah dinamikanya.

Ganjar berpesan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia untuk mengidentifikasi masalah komunikasi dengan Kominfo RI, serta mencari jalan keluarnya bersama-sama dengan pusat.

“Jangan pernah capek untuk berkomunikasi. Terus lakukan sampai ikhtiar kita selesai, Pasti ada sebab musababnya sampai ada kebuntuan komunikasi. Inilah yang harus dicari sampai ketemu. Kalau sudah ketemu, jalannya bisa lancar,” terangnya.

Di tempat terpisah Budi Winarno, ST, MSi, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Jawa Timur berharap dengan adanya pertemuan antara pusat dan daerah, akan terwujud sinergi yang lebih baik dalam penyelenggaraan urusan Komunikasi dan Informatika, serta bersama sama untuk mewujudkan digitalisasi di semua sektor, karena semua elemen harus segera berubah dari kebiasaan konvensional kearah digital, pungkasnya. 

Usai Rakernas ini dibuka oleh Gubernur Ganjar Pranowo, dilanjutkan dengan seminar nasional yang dimoderatori oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad. Selain itu, pada malam harinya digelar Pemilihan. (lis)