Caption Foto : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat meninjau vaksinasi di PPDU

mediapetisi.net – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan pengasuh PPDU Jombang KH Zaimudin As’ad atau Gus Zuem serta Zahrul Azhar Asumsa As’ad meninjau Vaksinasi Covid-19 bagi santri PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Rejoso dan Masyarakat umum Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Selasa (12/10/2021)

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, vaksinasi untuk santri sangat penting karena di pesantren sudah dilaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Selain itu vaksinasi tersebut untuk mempercepat terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity).

“Di Ponpes Darul Ulum Rejoso ini, kami menyiapkan dua ribu dosis vaksin jenis Sinovac dengan rincian seribu vaksin untuk santri dan seribu vaksin untuk masyarakat umum. Selain itu, semua tenaga kesehatan berasal dari TNI AL,” ungkapnya.

Sedangkan pelaksanaan vaksinasi di depan kampus UNIPDU (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum). Bagi yang mengikuti vaksinasi mendaftar dulu ke petugas kemudian menjalani skrining kesehatan yang meliputi pemeriksaan tensi darah. Jika lolos di tahap ini, santri bisa ke meja penyuntikan vaksin. Pelaksanaan vaksinasi juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

“Untuk vaksinasi sudah kita lakukan di beberapa pesantren dan beberapa tingkatan pendidikan. Untuk target kita berikan pada orang yang ada di daratan dan pinggiran laut, karena nelayan banyak bergerak atau beraktivitas di laut,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Ponpes Darul Ulum Rejoso Zahrul Azhar Asumsa As’ad yang akrab dipanggil Gus Hans mengatakan PPDU 90% sudah vaksin pertama, untuk sekarang ini ada 1000 santri dan 80% dari 1000 santri semuanya vaksin ke 2 sisanya mahasiswa baru dan juga beberapa yang belum melakukan vaksin pertama. Jaadi beberapa santri yang sudah vaksin sekitar 90 persen.

“Jumlah santri ada 9000 untuk saat ini ada target 1000 dari Angkatan Laut, santri yang vaksin dosis ke 2 sebanyak 850 santri dan dosis ke 1 sebanyak 150 santri. Alhamdulillah pembelajaran di pondok sudah berjalan sesuai dengan peraturan prokes yang ada. Namun baru dua minggu mereka sekolah dengan berseragam karena sebelumnya mereka sekolah dengan tidak berseragam dan belum optimal. Untuk asrama juga sudah maksimal namun untuk yang datang kita kurangi 30% kalau dulu kita pulangkan semua dan kita gilir per 50%,” pungkas Gus Hans. (lis)