Caption Foto : Data Asesman kondisi Covid-19 Jatim

mediapetisi.net – Daerah di Jawa Timur sudah tidak ada lagi menerapkan PPKM level 3 dan level 4 berdasarkan Asesmen kondisi Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan RI per tanggal 20 September 2021. Sehingga pengendalian Covid-19 di Jawa Timur menunjukkan hasil membaik, daerah di Jatim berjumlah 38 daerah dan yang masuk penerapan PPKM level 1 berjumlah 19 daerah dan level 2 berjumlah 19 daerah.

“Alhamdulillah, kita tidak hentinya bersyukur atas capaian ini dengan tetap disertai ihktiar dan doa agar terus melandai dan terkendali,” terang Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (21/9/21)

Menurut Khofifah, 19 daerah yang sudah masuk penerapan PPKM level 1 diantaranya Tuban, Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Pasuruan, Pamekasan, Pacitan, Magetan, Lamongan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kediri, Jombang, Jember, Gresik, dan Banyuwangi.

Sedangkan daerah penerapan PPKM level 2 diantaranya Tulungagung, Trenggalek, Probolinggo, Ponorogo, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Madiun, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar, Bangkalan.

“Saya harap kepada semua pihak agar bisa mempertahankan capaian ini. Tak hanya level asesmen Kemenkes, tapi harus mempertahankan posisi zonasi level daerah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Terimakasih atas sinergi dan kerja keras semua pihak dalam mencegah penyebaran Covid 19 di Jawa Timur. Mohon tetap disiplin protokol kesehatan dan percepat vaksin, Insyaallah kita bisa, wujudkan Jatim Bangkit,” pungkas Khofifah. (hms/lis)