Caption Foto : Gubernur Khofifah saat memantau vaksinasi Ponpes Darul Ulum

mediapetisi.net – Untuk mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara kontinyu memantau langsung kegiatan vaksinasi. Didampingi Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab memantau pelaksanaan Program vaksinasi IKA Unair Jelajah Pesantren di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Peterongan, Kabupaten Jombang. Sabtu (14/8/2021)

IKA Unair terus bergerak mendukung percepatan vaksinasi lewat program Jelajah Kampung dan Pesantren. Berkolaborasi dengan IKA Unair Jombang bersinergi untuk menghebatkan almamater tercinta Universitas Airlangga menyiapkan 1000 dosis pertama untuk santri dan masyarakat umum sekitar.

Gubernur Khofifah kembali menekankan, bahwa kegiatan tersebut merupakan strong partnership hasil kolaborasi antara Pemprov Jatim, Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Surabaya dan Fakultas Kedokteran Unair. Termasuk membangun jejaring dengan masyarakat yang memang membutuhkan percepatan vaksinasi. “Maka dari itu kita  terus membangun strong partnership,” jelasnya.

Khofifah juga mengapresiasi tingginya minat masyarakat dalam melakukan vaksinasi. “Ini diharapkan akan berseiring dengan program yang sudah diluncurkan oleh Bapak Presiden yaitu percepatan vaksinasi untuk pelajar dan santri, serta untuk anak-anak usia 12 hingga 17 tahun. Jadi ada santrinya, dan ada kategori anak remaja, tapi juga bersama warga sekitar,” tuturnya.

Lebih lanjut Khofifah menegaskan, percepatan vaksinasi yang dilakukan akan lebih komperhensif jika memiliki stok vaksin yang cukup. Kerjasama antara berbagai elemen masyarakat, sekaligus untuk mewujudkan target 70 % masyarakat Jatim diharapkan dapat selesai sebelum peringatan HUT RI Ke-76 pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Kita berharap, kita sudah bisa mencapai 70 %. Artinya herd immunity diharapkan sudah bisa kita wujudkan. Sekarang hal ini sangat tergantung pada percepatan droping vaksin dari pusat,” ujar Khofifah.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah didampingi Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyaksikan pelaksanaan vaksinasi serta memberikan beberapa paket bantuan, diantaranya sprayer elektrik 2 pcs, desinfektan 10 liter, masker kain 300 pcs, pakaian hazmat 25 pcs, sarung tangan karet 200 pcs, hand sanitizer 10 liter, face shield 5 pcs, kacamata goggle 5 pcs, vitamin C 100 strip, sepatu boot 2 pasang, thermometer gun 2 unit, timba cuci tangan 5 unit dan dudukan timba cuci tangan 5 Unit.

“Penyelenggaraan vaksinasi menyasar 900 santri, 100 masyarakat umum yang sudah mendaftar secara online, untuk dosis pertama. Tidak hanya itu, pada Senin (16/8/2021) ada 500 dosis kedua untuk pelaksanaan vaksinasinya di Balai Desa Kaliwungu”, tutur dr. HM. Zulfikar As’ad (Gus Ufik) sebagai salah satu Ketua Pengurus Pusat IKA Unair.

Usai dari Ponpes Darul Ulum, Bupati Jombang bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa berkesempatan membagikan sebanyak 150 paket bansos berupa sembako ke masyarakat Kauman Mojoagung serta melakukan silaturahim ke rumah Ketua PW Muslimat Jatim Dra. Masruroh Wahid. Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab yang juga hadir bersama Sekdakab Jombang, Dr. H. Akh. Jazuli, Asisten 3, Kadinkes dan Camat juga menyempatkan untuk menyambangi rumah isoter di SMPN 1 Mojoagung. (lis)