Caption Foto : Proses penyembelihan hewan kurban di PG Tjoekir

mediapetisi.net – Memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M PTPN X Pabrik Gula Tjoekir melakukan penyembelihan hewan kurban berupa 4 ekor Sapi yang akan dibagikan ke masyarakat lingkungan PG Tjoekir. Penyembelihan hewan kurban bertempat di belakang gedung pertemuan PG Tjoekir Jombang. Rabu (21/7/2021)

General Manager Pabrik Gula Tjoekir Zaenal saat dikonfirmasi mengatakan meskipun di masa pandemi Covid-19 dengan diberlakukannya PPKM darurat Jawa – Bali, Pabrik Gula Tjoekir tetap melakukan penyembelihan hewan kurban untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

“Peringatan Hari Raya Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun 2020 karena tahun 2020 menyembelih hewan kurban 3 ekor sapi tetapi di tahun 2021 PG Tjoekir menyembelih hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan di bagikan kepada warga lingkungan masyarakat sekitar pabrik dengan total 1.300 orang dari 3 Desa diantaranya Desa Jatirejo, Kwaron dan Cukir,” terangnya.

Sementara itu, proses pembagian daging kurban sama seperti tahun 2020 yakni dengan cara menukarkan kupon yang sudah dibagikan kepada masyarakat dengan daging kurban yang sudah disiapkan panitia kurban Pabrik Gula Tjoekir. 

“Daging kurban akan diantar ke rumah masyarakat yang sudah memiliki kupon tepatnya 1300 orang untuk menghindari kerumunan masyarakat dan pembagiannya juga tetap menggunakan protokol kesehatan,” jelas Zaenal.

Tidak hanya itu, kegiatan kurban tahun ini supaya dapat membawa berkah untuk semua, berkah untuk PG Tjoekir yang sudah melakukan giling dan berkah masyarakat sekitar PG Tjoekir. Pembagian daging kurban tersebut semoga dapat meringankan beban masyarakat masa pandemi ini.

“Dengan adanya kegiatan pembagian daging hewan kurban kepada masyarakat disekitar lingkungan PG Tjoekir diharapkan dapat sedikit membantu kebutuhan masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini,” pungkas Zaenal. (lis)