Caption Foto : Forkopimda Jombang saat berdoa bersama secara virtual

mediapetisi.net – Di masa Pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Pemerintah Kabupaten Jombang menyelenggarakan Doa Keselamatan Bangsa yang secara virtual disiarkan langsung melalui Radio Suara Jombang dan streaming Youtube Channel jombangkab TV.

Kalau pada Jumat sebelumnya diawali dari Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang, kali ini dilaksanakan dari Kodim 0814 Jombang dan diikuti secara virtual oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua TP PKK, Kapolres, Ketua DPRD, Sekdakab Jombang, para Kyai, Alim Ulama, ASN dilingkup Pemkab Jombang dan Forkopimcam se Kabupaten Jombang di kantor masing – masing. Jum’at (16/7/2021)

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang mengikuti zoom meeting dari rumah Dinas Pendopo mengatakan Istighotsah Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa merupakan bagian dari Ikhtiar batin, untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi segera berakhir. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, uhkuwah islamiah dan tali silaturahim serta menumbuhkan jiwa religius juga nasionalis kita.

“Untuk itu, hikmah positifnya kita juga mampu menyikapi pandemi Covid 19 ini dengan tetap menjaga kesehatan, juga disiplin melaksanakan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). Dengan berdoa, kita kuatkan spiritualitas, optimisme, harapan, dan keyakinan bahwa kita dapat menghadapi pandemi ini dan optimis kondisi negeri ini akan segera kembali normal,” tuturnya.

Bupati optimis pandemi akan segera berakhir sehingga kegiatan pemerintahan, social, dan ekonomi akan dapat kembali normal. Semoga Jombang secepatnya segera menjadi zona hijau, dan masyarakatnya tetap disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan.

“Kondisi data kasus Covid 19 di Kabupaten Jombang per 15 Juli 2021. Kasus Positif 6583, sembuh 4907 isolasi 461, dirawat 439 dan meninggal 779. Kodim 0814 yang telah menyelenggarakan Istighotsah dan Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa sebagai langkah pencegahan Penyebaran Covid 19 secara spiritual,” terangnya.

Doa merupakan senjata spiritual umat yang ampuh untuk mendukung keberhasilan semua upaya yang sudah dilakukan dalam mengatasi pandemi. Ikhtiar batin untuk menyempurnakan upaya lahir yang sudah dilakukan oleh Pemerintah dan berbagai pihak dalam menangani pandemi diharapkan juga mampu menggerakkan kesadaran bersama seluruh lapisan masyarakat untuk terus mendoakan negeri ini. Tidak ada yang mampu menolak dan menghentikan penyakit, bencana dan musibah selain Alloh SWT. Melalui doa Istighotsah memohon kepada Alloh SWT agar menjauhkan bangsa ini dari segala bencana, musibah, balak dan penyakit. 

“Kami mengajak masyarakat untuk lebih banyak bersyukur dan tidak mudah mengeluh. Terimakasih antusias semua warga masyarakat Jombang yang telah ikut bersama dalam Istighotsah Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa secara virtual. Semoga doa yang dipanjatkan seluruh masyarakat, semakin meneguhkan optimisme dan dikabulkan Alloh SWT,” pungkasnya.

Doa bersama secara virtual ini diawali dengan bacaan Istighosah, sholawat Tibbil Qulub, Li Khomsatun oleh KH.  Masduki Abdurahman dari Kodim 0814, serta doa dari  KH. Tamim Romly,  KH. Fadhlulloh Malik, KH. Mustain Hasan dan KH. Junaidi Hidayat dan ditutup dengan doa KH. Masduki Abdurahman dari kediaman masing masing. (lis)