Caption Foto : Forkopimda Jombang saat mengikuti upacara HUT Bhayangkara ke 75

mediapetisi.net – Polres Jombang mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021 dengan tema “Transformasi Polri yang Persisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju” dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Kapolres beserta PJU, Ketua DPRD, Danramil 0814, Dan Satradar 222 Ploso dan Tokoh Agama. Bertempat di Gedung Graha Bhakti Bhayangkara (GBB) Polres Jombang. (1/7/2021)

Penghargaan Bintang Bhayangkara Narariya dilanjutkan pembacaan keputusan Presiden RI oleh Sekretaris Militer. Presiden RI Ir. Joko Widodo mengucapkan selamat hari Bhayangkara kepada seluruh anggota Polri di manapun berada, Negara masih dalam pandemi Covid-19. Polri telah bersinergi dengan TNI, Dokter dan tenaga kesehatan dengan Kementerian dan lembaga dengan aparat Pemda khususnya Dinas Kesehatan serta relawan dan aparat pendukung lainnya dalam menangani pandemi Covid-19. 

“Saya minta Polri untuk terus aktif mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Saya juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolri dan seluruh anggota Polri karena Polri harus terlibat aktif dalam penanganan pandemi Covid-19,” ungkapnya. 

Polri jangan lengah dalam menjalankan tugas – tugas pokoknya dan jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan ketertiban memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan bentuk – bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat bangsa dan negara juga semakin kompleks harus berpacu menguasai iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan dan penggunaan keuangan.

“Polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir tetapi saya ingatkan penggunaan kewenangan Polri melakukan penangkapan, melakukan penahanan, melakukan penggeledahan melakukan penyitaan dan seterusnya. Sehingga harus dilakukan secara bijak dan dilakukan secara bertanggung jawab,” terang Presiden Jokowi.

Untuk itu, Negara yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas dan harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan harus merujuk pada peraturan perundang-undangan dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat.

Pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius recruitment pendidikan dan promosi, harus mencari karakter yang sesuai dengan tugas-tugas Polri dan harus menguasai perkembangan Iptek terbaru. Selain itu dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

“Sehingga Polri harus membenahi dan memperkuat manajemen dan kelembagaannya. Polri juga harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan kebijakan pengorganisasian kebijakan penganggaran serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern,” tutup Presdien Jokowi. (lis)