Caption Foto : Duta Baca Indonesia Gol A Gong didampingi CEO DeDurian Park saat memukul Gong acara Milad ke 2

mediapetisi.net – Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Harris yang akrab dipanggil Gol A Gong ikut merayakan kegembiraan Ulang Tahun ke 2 DeDurian Park, Wonosalam Jombang. Ikut hadir juga Duta Baca Provinsi Jawa Timur Heraldha Savira dan Kepala bidang pelayanan dan informasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur serta undangan lainnya. Minggu (27/6/2021)

Gol A Gong menyambut baik program literasi di DeDurian Park. “Enam literasi dasar seperti literasi baca tulis, finansial, IT, literasi budaya dan kewargaan, sains dan numerasi ada di sini,’ kata Gong, penulis novel Balada Si Roy, yang akhir 2021 filmnya beredar di bioskop.

Gong menambahkan, “Saya bisa dan datang ke sini karena literasi baca tulis, jadi saya bisa berkolaborasi dengan mereka dan De Durian Park ini akan mendunia.” ucapnya.

Menurut Gong, untuk saat ini program kerja Duta Baca Indonesia seperti Gerakan Indonesia menulis, Satu Menit Bersama Generasi Z, dan 25 Detik Tiktok Literasi sudah disosialisasikan di Banten, DKI, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Duta Baca Daerah dilibatkan untuk aktif berperan. Akhir Juli 2021, Gong akan Safari Literasi mengampanyekan Gerakan Indonesia Menulis. Untuk itu pihaknya akan mencari sponsor dan mengadakan lomba bersama Perpustakaan Nasional. Jadi nanti akan ada lomba tiktok dengan menggunakan literasi buku, beberapa referensi buku, foto bersama sampul buku dan menulis sinopsis buku.

“Saya berharap ke depan generasi muda terutama generasi Z bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, agar tidak disingkat – singkat dalam menulis, karena itu sama saja dengan mengkhianati pendiri bangsa ini, terutama para pemuda yang mendeklarasikan Sumpah Pemuda, bahwa bahasa persatuan adalah  bahasa Indonesia,” harapnya.

Gol A Gong setelah diskusi literasi bersama Sasa Duta Baca Jawa Timur, Ikatan Pustakawan Indonesia, GPMB, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, Iqra Semesta, dan Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya mendeklarasikan dukungan terhadap gerakan Indonesia menulis, Eksekutif, legislatif, dan akademisi untuk membuat Perda Sistem Perbukuan di Jawa Timur.

“Semoga deklarasi ini disambut positif oleh seluruh masyarakat dan pemangku kebijakan di Jawa Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Yusron Aminulloh, CEO DeDurian Park mengatakan, pihaknya mengundang Duta Baca Indonesia untuk melihat secara langsung literasi di DeDurian Park Wonosalam, yang merupakan tempat wisata edukatif dan Kebun Literasi. 

“Kami juga telah bekerjasama dengan sekolah maupun Universitas sebagai tempat LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) maupun kegiatan lainnya yang edukatif. Di sini Anak – anak belajar pembentukan karakter, disiplin maupun literasi,” terangnya.

Di tempat yang sama, Duta Baca Provinsi Jawa Timur Heraldha Savira sangat mengapresiasi 6  literasi dasar yang ada di DeDedurian Park. “Betul sekali. Ini tempat wisata edukatif dan kebun literasi,” tegas Sasa.

Sasa mengakhiri percakapan, “Tips untuk meningkatkan minat membaca itu cukup sederhana. Pertama adalah memilih bacaan atau buku yang dicintai dan yang paling gampang, jangan memaksa untuk membaca buku yang tidak disukai karena minat itu tidak bisa dipaksa, harus dimulai dari dalam diri sendiri dan lama – lama bisa suka”. (lis)