Caption Foto : Kasat Resnarkoba Polres Jombang didampingi Kalapas IIB Jombang saat diwawancarai awak media

mediapetisi.net – Petugas Lapas Kelas IIB Jombang, Jawa Timur, menggagalkan penyelundupan sabu dalam cabai oleh seorang berinisial AR. Kamis (27/5/2021)

Kepala Lapas IIB Jombang Mahendra Sulaksana saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa ada seorang berinisial AR melakukan penyelundupan Sabu yang telah dimasukkan ke dalam 18 buah cabai rawit yang akan dikirim kepada salah satu narapidana yang berinisial DK.

“AR juga membawa beberapa jenis makanan lain, berupa nasi dan lauk pauk. Saat diperiksa satu per satu, petugas merasa curiga karena melihat salah satu cabai yang hampir terlepas. Saat dibuka ternyata di dalam plastik berisi sabu pada 18 buah cabai rawit. Akhirnya kami berkoordinasi dengan Polres Jombang untuk melakukan pemeriksaan terhadap tersangka sehingga Polisi menggelar rekonstruksi kepada tersangka untuk kelengkapan berkas serta untuk dilakukan pengembangan kepada salah satu napi yang ada di dalam lapas yang informasi awal sebagai  pengendali dalam lapas,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Mochammad Mukid memanggil salah satu napi yang berinisial RD guna untuk dimintai keterangan dan apabila terbukti sebagai pengendali di dalam lapas akan dinaikan statusnya menjadi  tersangka. Melalui pemeriksaan, AR mengakui bahwa dirinya diminta DK mengambil paket dari seseorang di sekitar jalan yang ada di wilayah Kelurahan Kaliwungu, Jombang.

“AR mengakui bahwa isi paket itu isinya sabu kemudian dimasukkan kedalam cabai.  Jadi biji cabainya dikeluarkan lalu diisi dengan narkoba tersebut. Antara ujung plastik dengan ujung cabai dikasih lem jadi bisa merekat setelah itu berusaha untuk rekatkan. BB yang kita dapatkan dan dibawa kelapas ada 18 biji cabai dari masing masing cabai kita timbang kurang lebih berat nya 0,2 dan ada yang 0,3. Keseluruhan sabu sekitar 6 gram.  Besok kami akan melakukan pemeriksaan terhadap DK,” pungkasnya. (lis)