Caption Foto : Pengurus 5 organisasi Keluarga Besar TNI/Polri saat bantuan pada warga terdampak banjir kepada Camat Bandarkedungmulyo

mediapetisi.net – Lima (5) organisasi Keluarga Besar TNI/Polri yang ada di kabupaten Jombang, menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang. Minggu (7/2/2021)

Sekretaris FKPPI, Hadi Susilo,S.Pd.,M.Pd.I. sebagai koordinator bersama dengan lima organisasi yakni FKPPI (Forum Komunikasi Purnawirawan dan Putra dan Putri TNI-Polri), KB.PPPolri (Keluarga Besar Putera-Puteri Purnawirawan Polri), PPAL (Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut), PERIP (Persatuan Isteri Purnawirawan), dan PIVERI (Persatuan Isteri Veteran Republik Indonesia) menyerahkan bantuan pada warga terdampak banjir kepada Drs. Mahmudi Saleh MSi, Camat Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang.

“Bantuan untuk warga terdampak banjir Bandar Kedungmulyo berupa mie instan, susu, obat obatan, pakaian layak pakai dan perlengkapan sholat sudah diterima oleh Camat Mahmudi,” terangnya.

Menurut Hadi Susilo, kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa Iba dan empati   Pengurus 5 organisasi Keluarga Besar TNI/Polri terhadap para korban banjir, dan turut merasakan penderitaan mereka  karena meninjau langsung ke tempat lokasi yang terkena banjir. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan musibah datang. Kita bisa melihat bahwa musibah layaknya misteri yang tidak bisa diprediksi oleh siapa pun kecuali Allah SWT.

“Menolong tidak harus dengan cara luar biasa, bisa membantu lewat menyumbang pakaian, menyumbang beras atau hal-hal yang sangat dibutuhkan korban bencana. Selain itu, menolong tidak harus dengan sesuatu yang mahal, yang terpenting layak pakai dan bisa digunakan dengan baik. Menolong orang yang mengalami musibah tidak akan membuatmu miskin. Justru ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua bahwa tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa bantuan orang lain,” ungkapnya.

Sedangkan penguatan lewat memotivasi mereka hingga memberikan pengertian bahwa musibah adalah ujian dan bukanlah akhir dari segalanya. Kesabaran sangat penting untuk membuat mereka lepas dari kesedihan. Beri dukungan moril kepada warga terdampak banjir untuk membangun kembali semangat, rasa bahagia dan daya juang yang mulai pudar ketika seseorang ditimpa bencana. Serta memotivasi mereka hingga memberikan pengertian bahwa musibah adalah ujian dan bukanlah akhir dari segalanya. Kesabaran sangat penting untuk membuat mereka lepas dari kesedihan.

“Yang terpenting, kita sadar bahwa orang-orang yang mengalami musibah harus dibantu. Jika tidak bisa dalam bentuk fisik, dukungan moril adalah jenis bantuan yang paling murah dan bisa dilakukan oleh siapa pun dan jangan lupa berdoa, meminta memohon kepada Allah swt agar musibah ini segera berlalu,” pungkas Hadi Susilo.(lis)