Caption Foto : Kepala Satpol PP saat ditemui di ruang kerjanya

mediapetisi.net. – Satpol PP dan Dinas Sosial memberi arahan pada BEM  UNHASY karena melakukan penggalangan dana di fasilitas umum di beberapa perempatan jalan di Jombang. Bertempat di kantor Dinas Sosial  kabupaten Jombang. Rabu (26/01/2021).

Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Sosial pada Dinas Sosial Yulita Purwaningsih menjelaskan bahwa Perda No 14 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan Perbup No 55 tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan Perda No 14 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Pemerintah tidak melarang lembaga atau komunitas melakukan kegiatan pengumpulan uang dan barang, akan tetapi ada aturan – aturan yang harus dilakukan oleh komunitas atau lembaga yang akan melakukan aktivitas pengumpulan uang dan barang di jalan jalan umum.

“Kami tidak melarang tetapi untuk bisa melakukan aktivitas itu ada langkah -langkah yang harus dilakukan intinya adalah izin. Proses izin tidak sulit hanya membuat proposal, kemudian mengajukan proposal pada kami, nanti kami akan merevisi dan merekomendasikan karena yang memberikan izinnya yang mengeluarkan adalah bupati yang dalam hal ini adalah Dinas PMTSP nanti ada ketentuan mau di titik mana aktivitas itu, kapan dilakukan aktivitas itu,berapa hari dilakukan,kemudian hasilnya berapa kemudian akan di salurkan kemana,” terangnya.

Sedangkan Dinas Sosial mempunyai fungsi pengendalian dan pengawasan. Bukan dilarang melakukan aktivitas itu tetapi untuk melakukan aktivitas pengumpulan uang yang ada di tempat umum atau di fasilitas umum, di jalan  dan sebagainya memang ada regulasinya, jelas Yulita.

Kepala Satpol PP Agus Susilo Sugioto menambahkan bahwa Satpol PP pun mamantau aktivitas tersebut dan meminta keterangan sudah ada izin atau belum, jika tidak ada keterangan izin satpol PP menyerahkan pada Dinas Sosial karena memang Dinas Sosial memiliki kewenangan Perda.

“Pemerintah beserta Satpol PP mempunyai tugas dalam hal pengendalian dan pengawasan terhadap aktivitas pengumpulan uang atau barang yang dilakukan oleh komunitas dalam rangka program bantuan apapun,” pungkasnya. (lis)