Caption Foto : Kepala Disdikbud Jombang saat membuka Rakerda Tahun 2021

mediapetisi.net – Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kabupaten Jombang menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2021 yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo. Dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Moh. Suyuti dan diikuti 27 peserta. Bertempat di Aula 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. Rabu (13/1/2021)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Agus Purnomo menyampaikan agar semua peserta selalu mentaati protokol kesehatan mengingat masih pandemi Covid-19. Kepada Penilik yang mengikuti Rakerda tersebut supaya menjalankah tugas pokok dan fungsi Penilik dengan baik, serta mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

“Saya yakin semua penilik bisa mengangkat marwah pendidikan di Kabupatem Jombang,” ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua IPI Jombang Sudarsono menyampaikan bahwa tugas pokok Penilik adalah Pengendali Mutu Pendidikan Non Formal mulai dari Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis, Pendidikan Keseteraan Paket A (Setara SD), Paket B (Setara SMP), dan Paket C (Setara SMA), Kursus dan Pelatihan serta Bimbingan Belajar. 

“Rakerda ini kita menyusun laporan tahun 2021 dan menyusun program kerja kepenilikan tahun 2021,” pungkasnya.

Usai membuka Rakerda, Kepala Disdikbud Jombang secara simbolis menyematkan kartu peserta kepada perwakilan Peserta Rakerda. Setelah itu Peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk menyusun laporan tahun 2020, menyusun rencana kerja tahun 2021 dan menyusun instrumen akreditasi yang nantinya akan menjadi dasar dalam menjalankan kegiatan penilik tahun 2021. (yn)