Caption Foto : Kabid. Konservasi Lingkungan saat serahkan bibit ke Babinsa Desa Carangwulung

mediapetisi.net – Kelompok Tani Segunung melaksanakan penanaman pohon bambu dengan tema “Permata bambu 2020 sebagai perlindungan sumber mata air”. Dihadiri Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar, Kabid. Konservasi lingkungan, Forpimcam Wonosalam, Kades, Ketua Poktan, Perwakilan dari Perhutani, Poktan, Perwakilan Pelajar SMA dan Warga Dusun Segunung. Bertempat di Sumber Mata Air Permata Dusun Segunung Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Minggu (20/12/2020)

Ketua Gabungan Kelompok Tani Desa Carangwulung Syamsudin mengucapkan syukur alhamdulillah kepada Alloh SWT yang melimpahkan alam sehingga bisa melaksanakan penanaman pohon bambu di Lokasi Sumber Mata Air Permata Dusun Segunung Desa Carangwulung meski masih pandemi Covid-19.

“Kami menyampaikan terimahkaaih kepada para Donatur yang memberikan suport dan dukungan bantuan penanaman pohon sebanyak 4.682 bibit pohon bambu dan tidak lupa terimakasih kepada teman – teman pokpan Dusun Segunung yang mendukung kegiatan ini dengan harapan kegiatan berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Selain penanaman pohon bambu, juga diadakan tasyakuran di Lokasi Sumber Mata Air Permata yang merupakan agenda tahunan Kelompok Tani Dusun Segunung Desa Carangwulung tahun 2020 yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan juga Adat dan Budaya serta melindungi sumber mata air di lingkungan wilayah kerja kelompok tani Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalan Kabupaten Jombang, jelas Syamsudin.

Sementara itu, Kepala Bidang Konservasi Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang Muhamad Amin Kurniawan mengapresiasi kegiatan penanaman dan perawatan pohon bambu tersebut dan sekaligus menjadi contoh Desa lainnya. Kegiatan penanaman pohon bambu ini sangat luar biasa karena untuk resapan air dan mencegah terjadinya banjir.

“Ketika menanam bibit pohon yang kita menikmati bukan buahnya saja dan hari ini bisa menikmati oksigen dan sumber air tentunya bisa bermanfaat bagi kehidupan ┬ásemua manusia. Dengan penanaman bibit pohon banbu hari ini yang ke dua kalinya dengan harapan untuk tahun depan bisa dilaksanakan lagi,” pungkasnya. (yn)