Caption Foto : Pengacara H. Achmad Rifai, Para Kyai dan panitia saat berada di lokasi penyembelihan hewan kurban

mediapetisi.net – Pengacara Kondang asal Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang H. Achmad Rifai melaksanakan ibadah kurban sapi 125 ekor dan kambing 1200 ekor pada Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Pengacara H. Achmad Rifai saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pada Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini menunjukkan rasa syukur rasa cintanya yang tinggi kepada Allah SWT dan Rasul Muhammad SAW dengan melaksanakan ibadah kurban sesuai cita-citanya yakni kurban kambing 1.000 ekor dan sapi 100 ekor.

“Sesuai dengan cita-cita, semua kita rencanakan 100 sapi , ternyata kurang karena banyak warga yang mengajukan, ¬†akhirnya nambah 25 sapi. Begitu juga kambing yang semula 1000 jadi nambah 200 karena banyak yang mengajukan permohonan. Jadi total semua sapi 125 ekor dan kambing 1200 ekor,” terangnya.

Menurut Rifai, pelaksanaan kurban tersebut tidak di Kabupaten Jombang saja tetapi dilaksanakan di Jakarta maupun di beberapa daerah di Jawa Timur. Untuk kambing dibagikan ke 302 desa dan 4 kelurahan di Kabupaten Jombang dan setiap desa mendapatkan 3 ekor kambing dan sisanya, kambing dibagikan ke sejumlah yayasan yatim piatu, lembaga sosial, musala, pondok pesantren yang ada di Jombang. 

“Sedangkan untuk sapi kami bagikan ke 30 lembaga sosial dan 39 masjid/mushola yang telah kami bangun, lingkungan pondok Tanfidzul Quran Desa Tampingmojo, Pondok Kyai Khusen Mojokerto, Pondok KH. Anwar Zahid, Pondok Kyai Jamil Blitar, Pondok Hamalatul Qur’an Gus Yaqin dan Pondok Kyai Hatta juga lainnya. Sisanya untuk disembelih di rumah untuk dibagikan warga sekitar,” ungkapnya.

Karena pada Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun ini masih pandemi Covid-19, H. Rifai mengimbau kepada semua yang hadir untuk menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun maupun jaga jarak. Masyarakat yang ingin hadir dipersilahkan dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Kegiatan Hari Raya Idul Adha, diakhiri pada hari ini dengan makan bersama dan ada lima ekor sapi dan kambing yang kami siapkan untuk seluruh masyarakat yang ingin datang dan menikmati. Semoga apa yang kami kurbankan ini bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, KH Anwar Zahid menjadi Imam sekaligus Khutbah Shalat Idul Adha di halaman rumah H. Achmad Rifai di Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang pada hari Jum’at 31 Juli 2020 pukul 06.00 Wib. H. Achmad Rifai maupun Para Kyai juga Kapolsek, Danramil, Kanit Patroli, Waka Polsek Tembelang, Keluarga juag masyarakat ikut Sholat Idul Adha berjamaah di kediamannya. Usai Sholat Idul Adha, H. Achmad Rifai dan KH. Anwar Zahid melepas penyaluran hewan kurban ke beberapa pihak penerima. (yn)