Caption Foto : Wabup Sumrambah didampingi Camat Bareng dan Kades Ngrimbi saat serahkan BLT DD ke warga

mediapetisi.net – Wakil Bupati Jombang Sumrambah SP. memantau proses penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa Tahap II dan menyerahkan secara simbolis kepada Warga dampak Covid 19 tahun 2020 di Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Senin (8/6/2020)

Di setiap kunjungannya, Wabup Sumrambah menyapa warga dan menanyakan pelaksanaan serta kendala saat penyaluran BLT Dana Desa. Selain itu, Wabup juga menegaskan bahwa dalam bantuan langsung tunai dana desa  sebesar Rp 600.000,- dan tidak ada potongan sedikitpun, warga harus menerima utuh.

“Bantuan yang diterimakan kepada warga agar dapat dimanfaatkan sesuai harapan pemerintah. Saya berharap kepada warga penerima bantuan agar dibelanjakan kebutuhan pokok sehari hari, karena bantuan yang diberikan untuk menopang kebutuhan sehari hari,” ungkapnya.

Di tengah pandemi Covid-19, Sumrambah tidak lupa mengingatkan warga desa Ngrimbi agar selalu menggunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak (physical distancing) untuk menanggulangi penyebaran Corona Virus.

“Selain itu, untuk menghindari penyebaran Corona Virus, agar mengkonsumsi rempah- rempah, dan membiasakan kumur menggunakan air suruh apabila menjelang tidur, itu cara mudah dan murah badan agar tetap sehat,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Ngrimbi kecamatan Bareng Choiri mengatakan bahwa penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap II dampak Covid 19 dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, menggunakan masker, Cuci tangan sebelum masuk Balai desa, dan jaga jarak. Penyaluran BLT Dana Desa tahap II tersebut kepada 159 KPM secara non tunai melalui Bank Jombang.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Menteri Desa Halim Iskandar atas kebijakannya mengalokasikan Dana Desa untuk bantuan langsung tunai sebagai jaring pengaman sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Desa Ngrimbi. Saya berharap program ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya warga Desa Ngrimbi,” harapnya.

Munif (40) Warga Dusun Ngrimbi RT 05 RW 01 Desa Ngrimbi salah satu penerima BLT Dana Desa merasa senang karena mendapatkan bantuan tersebut karena selama ini belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah. Munif sehari-harinya kerja dibengkel Surabaya, sejak ada corona virus bengkel agak sepi dan otomatis penghasilannya menurun.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikana bantuan ini, bantuan ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari keluarga saya,” pungkasnya. (yn)