Ketua FORMI Jombang Ikut Lari Untuk Pengukuran Tingkat Kebugaran

26

Caption Foto : Ketua FORMI Jombang ikut lari 

mediapetisi.net – Ketua FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Jombang Wiwin Sumrambah dan Pengurus FORMI  ikut berpatisipasi dalam kegiatan Pengukuran Tingkat Kebugaran yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Bertempat di Stadion Olahraga Kabupaten Jombang. Jumat (14/2/2020)

Ketua FORMI Jombang Wiwin Sumrambah memberangkatkan peserta sekaligus ikut berlari bersama untuk mengetahui tingkat dari kebugaran kesehatan jasmani. Kegiatan pengukuran tingkat kebugaran tersebut menggunakan metode Rockport, yaitu setiap peserta berlari sepanjang 1.600 meter. 

“Sebelum pengukuran kebugaran, peserta terlebih dahulu mengisi Par Q Test (Physical Activity Readiness Questionnaire) sebagai upaya screening apakah peserta layak atau tidak untuk mengikuti pengukuran kebugaran dengan Metode Rockport. Selain itu, peserta juga diukur tinggi badan dan berat badan untuk mengetahui IMT (Indeks Massa Tubuh) sebagai salah satu cara untuk mengetahui status gizi seseorang, diukur tekanan darah, dan denyut nadi,” terangnya.

Lanjut Wiwin, sebelum peserta berlari, peserta terlebih dahulu melakukan pemanasan dan peregangan seluruh tubuh, Pengukuran kebugaran jantung paru dengan jalan cepat atau jogging sejauh 1.600 meter (Rockport) dapat dijadikan panduan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani, dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok, relatif aman bagi orang yang memiliki faktor risiko penyakit, mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat khusus, jelasnya.

Perlu diketahui, kegiatan juga diikuti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang drg. Subandriyah MKP bersama para tenaga kesehatan dijajaran Dinas Kesehatan tersebut dan tidak semuanya harus berlari, yang tidak kuat berlari juga bisa melakukan jalan cepat.