Caption Foto : Bupati Jombang saat melihat stand perguruan tinggi

mediapetisi.net – Expo Campus 2020 yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA/SMK/MA Kabupaten Jombang dibuka oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab ditandai dengan pemotongan pita. Bertempat di gedung Auditorium Universitas Darul ‘Ulum (UNDAR) Jombang. Rabu (15/1/2020).

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengatakan bahwa, Expo Campus setiap tahun semakin meningkat jumlah pesertanya, karena sangat bermanfaat dan dapat membantu orang tua maupun siswa-siswi dalam mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi. Pemilihan perguruan tinggi dianggap tidak mudah karena perguruan tinggi tersebut yang mencetak generasi bangsa yang sesuai dengan kompetensi, keinginan dan bakatnya untuk menjadikan Sumberdaya Manusia yang unggul demi kemajuan Indonesia.

“Saya berharap agar peserta didik mampu komunikasi dengan penyelenggara dan perguruan tinggi yang nantinya juga mampu mengundang perguruan tinggi luar Negeri dan diharapkan Jombang menjadi yang pertama yang mengundang perguruan tinggi luar Negeri dalam Expo Campus. Bagi perwakilan HMJ yang ikut dan hadir, Saya berterimakasih dan berharap agar dapat memberikan arahan kepada adik-adiknya dalam memberikan informasi perguruan tinggi yang saat ini ditempati,” ungkapnya.

Selain itu, Anak-anak juga diharapkan mampu melanjutkan dan memilih kampus/perguruan tinggi sesuai dengan cita-citanya yang nantinya pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan pimpinan perguruan tinggi di Indonesia yang berasal dari Kabupaten Jombang untuk dapat memberikan fasilitas kepada anak-anak Jombang yang berprestasi tetapi kurang mampu.

Kedepan Kepala sekolah SMA/SMK/MA, Negeri maupun swasta agar anak yang telah lolos tes tetapi terkendala biaya untuk didata yang nantinya dapat disampaikan kepada pimpinan perguruan tinggi tersebut pada saat diselenggarakan koordinasi dengan Putra-Putri Jombang yang menjadi pimpinan perguruan tinggi sebagai bentuk fasilitasi dari pemerintah Kabupaten Jombang.

“Semoga anak-anak kuliah semua, pintar, cerdas dan berkualitas yang nantinya akan kembali ke Jombang dengan capaian prestasinya dan bermanfaat bagi Indonesia kedepan lebih maju,” harap Mundjidah.

Sementara itu, Ketua panitia Expo Campus 2020, Hasan Effendi menjelaskan, MGBK SMA/SMK/MA Kabupaten Jombang bekerjasama dengan STIKES PEMKAB Jombang dan Primagama Jombang untuk menyelenggarakan Expo Campus 2020 bertema sesuai dengan visi misi Kabupaten Jombang “Bersama mewujudkan Jombang yang berkarakter dan berdaya saing”.

Expo Campus 2020 di Kabupaten Jombang diikuti oleh 80 Perguruan tinggi yang ada di Indonesia, baik Negeri maupun swasta dan dihadiri juga oleh ikatan mahasiswa Jombang (IMJ) yang sudah berada di perguruan tinggi masing-masing untuk memberikan informasi kepada adik-adiknya tentang kampusnya, jelas.

Salah satu peserta Expo Campus 2020, Aprilia Kartika Sari (17) siswi SMA Negeri Ploso sangat menyambut baik Expo Campus tersebut yang dapat dimanfaatkan oleh siswa-siswi kelas XII untuk mengetahui berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan dapat mencari informasi lebih dalam tentang perguruan tinggi yang akan dimasuki.

“April yang tertarik untuk masuk jurusan kehutanan dengan memanfaatkan fasilitas expo campus ini untuk membantunya dalam menentukan perguruan tinggi yang akan dipilih sesuai dengan jurusan yang diinginkan dan berharap agar stand perguruan tingginya dapat diperbanyak di tahun berikutnya, serta lebih baik lagi,” pungkasnya.