Caption foto : Bupati Jombang inspektur upacara detik detik Proklamasi

mediapetisi.net – Upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke 74 proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 2019 dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Bertempat di alun-alun kabupaten Jombang. Sabtu (17/8/2019).

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menjadi inspektur upacara, sedangkan pejabat upacara yang membaca teks proklamasi merupakan ketua DPRD Kabupaten Jombang, perwira upacara dari KASUBUR BMN SATRAD 222, pengibar bendera dari pasukan pengibar bendera tahun 2019, paduan suara gabungan dari pelajar SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3 dan MAN 1 Jombang, pengiring dari satu unit KORPS musik PEMKAB Jombang dan pembacaan do’a dari pejabat kantor kementrian agama. Semua berada pada satu komando dengan komandan upacara kapten Lek. Heri Setyo Laksono, Kadis OPS. SATRAD  222. Pembawa baki pelajar dari SMAN Kabuh, sedangkan yang menjadi pengibar bendera pelajar dari SMAN Kesamben, SMAN Mojoagung dan MAN 2 Jombang.

Peserta upacara berasal dari Kodim 0814 dan satrad 222 satu kompi, Polres Jombang satu kompi, gabungan polsus, perhutani, satpol PP dan dinas perhubungan satu kompi, KORPRI dua kompi, gabungan mahasiswa, organisasi pemuda dan PSBR dua kompi, Kwartir cabang gerakan pramuka Jombang satu kompi, gabungan pelajar SMA, SMK dan MAN dua kompi. Pengibar bendera oleh Paskibraka Jombang.

Menurut Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengatakan bahwa sebelum upacara hari ini kegiatan dimulai dengan ziarah ke TMP Pahlawan Nasional, ke makam KH. Wahab Hasbullah di Tambakberas dan makam KH Hasyim Asy’ari dan Abdurahman Wahid di Tebuireng, setelah itu baru upacara bendera di alun-alun Kabupaten Jombang dan dilanjutkan dengan memberikan remisi para narapidana di lapas Jombang.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi kepada panitia HUT Proklamasi kemerdekaan yang pada tahun ini memberikan inovasi baru, termasuk paving yang menuju makam Bupati Jombang pertama. Pada inovasi upacara tahun ini, jika pada tahun sebelumnya tim paduan suara berasal dari satu sekolah, namun tahun ini gabungan dari beberapa sekolah. Mundjidah berharap setiap tahun ada Inovasi untuk memberikan hal baru,” pungkasnya. (rin)