Caption foto : Jamaah Haji yang akan berangkat ke tanah suci

mediapetisi.net – Sekretarias Daerah Kabupaten Jombang Dr. Akhmad Djazuli berangkatkan 890 calon jamaah haji kloter 53 dan 54 ke Asrama Haji Surabaya yang merupakan hari kedua dari kabupaten Jombang. Dihadiri Forkopimda, Asisten, Kepala OPD dan Para Kyai. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Selasa (23/7/2019).

Diiringi suasana haru dan bacaan sholawat Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang memberangkatkan 10 bus jamaah haji asal Jombang kloter 53 pada pukul 11.00 wib dan 10 bus jamaah haji kloter 54 pada pukul 14.00 wib. Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Akhmad Djazuli  berpesan kepada jamaah haji untuk menjaga kesehatan, karena ibadah haji berbeda dengan ibadah lainnya dan membutuhkan kondisi yang sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman. Ibadah haji juga membutuhkan tenaga yang kuat.

Sekda menyampaikan, pemerintah mengambil kebijakan untuk pemberangkatan haji diutamakan terlebih dahulu yang berusia lanjut, kebijakan tersebut diberlakukan secara Nasional, meskipun pada usia tersebut usia yang sangat rentan. Bagi jamaah haji yang tidak dapat berangkat tahun ini karena sakit, maka tahun depan dapat diberangkatkan dengan pemberitahuan pengunduran diri tahun ini dan akan diprioritaskan tahun depan untuk berangkat bila keadaannya sudah membaik dan masih diberikan umur.

“Semoga dalam perjalanan mulai berangkat sampai pulang lagi ke Jombang, ketanah air selalu dalam lindungan Allah SWT, diberikan keselamatan, kesehatan, kelancaran dan kemudahan, sehingga melaksanakan ibadah haji dengan sempurna dan pulang mendapatkan predikat haji mabrur,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama kabupaten Jombang, Taufiq ketika diwawancarai engatakan bahwa, Saat ini kloter yang diberangkatkan adalah kloter 53 dengan jumlah jamaah 445 orang dan kloter 54 dengan jumlah jamaah 445 orang. Untuk saat ini belum ada kendala yang dialami, lancar semua, hampir tidak ada hambatan sampai di Asrama Haji Surabaya.

“Kemarin ada 2 rombongan 2 bus dengan jumlah jamaah 90 orang. Untuk sekarang ini kloter 53 dengan jamaah haji 445 orang dan kloter 54 sebanyak 445 orang, jumlah keseluruhan yang mengikuti kloter 52, 53, 54 ada 980 jamaah. Tetapi masih ada 11 calon jamaah asal kabupaten Jombang yang belum mendapatkan kloter karena itu nanti dikloter ¬†akhir, karena ada penambahan kuota yang biasanya diletakkan di kloter akhir, tinggal menunggu karena tidak selalu kloter akhir tergantung kloter yang ada shiht kosong ini dimasukkan,” tegasnya.

Taufiq .menambahkan, jamaah dari Kabupaten berangkat 991 yang awalnya cukup banyak ada yang mengundurkan diri, ada yang belum melunasi, ada yang sakit, sehingga sekarang 991 tinggal menunggu besok untuk yang 11 yang sampai kemarin belum ada kepastian, tetapi kemungkinan berangkat hanya kloternya yang belum jelas, pungkasnya. (yun’)