Caption foto : Kasek MAN I Jombang bersama kepala kemenag, kapolres dan asisten akan potong tumpeng

HUT MAN 1 Jombang ke 28 dengan tema “Energy of MANSAJO for Indonesia” dan dirangkai dengan acara peringatan isra mi’raj, serta peringatan hari Kartini yang dihadiri oleh Asisten 1 pemerintah daerah kabupaten Jombang, Kapolres Jombang, Kasi Penma Kemenag Jombang dan kepala MAN Jombang terdahulu. Bertempat di lapangan MAN 1 Jombang. Selasa (30/4/2019).

Asisten pemerintah dan kesra kabupaten Jombang, Drs. Mas’ud MSi. yang mewakili Bupati Jombang dalam sambutannya mengatakan bahwa, hari ini merupakan hari yang istimewa bagi MAN 1 Jombang, karena hari ini hari kelahiran dari MAN 1 Jombang yang sudah berusia 28 tahun. Dengan harapan semoga MAN 1 Jombang ke depan lebih barokah, lebih baik dan memberi kontribusi bagi perkembangan pendidikan khususnya di Kabupaten Jombang, serta anak didiknya menjadi anak-anak yang barokah dan bermanfaat, jealsnya.

Menurut Mas’ud, dalam konteks pendidikan setiap orang tua ingin menyekolahkan anaknya dengan harapan menjadi anak yang sholeh-sholehah, namun perkembangan teknologi dan perkembangan budaya sangat mempengaruhi dalam menghantarkan anak-anak yang menjadi harapan bangsa. Apalagi diera milenial atau generasi yang dihadapkan dengan penggunaan gadget. Teknologi tidak dapat dihindari, untuk itu para pendidik dan orang tua harus memberikan kontribusi dan mengawasi anak-anak dalam penggunaan gadget. Generasi saat ini bersifat individual dan rasa sosialnya berkurang, namun seiring perkembangan teknologi yang tidak dapat dihindari, MAN 1 Jombang mampu mengatasi dan menjawab tantangan dengan keilmuan yang diberikan kepada anak didiknya.“Suksek iptek dalam bingkai imtaq, silahkan mengambil ilmu teknologi, tetapi dalam bingkai ilmu ketaqwaan kepada Allah SWT”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala MAN I Jombang Erma Rahmawati M.PdI ketika diwawancarai mengatakan perayaan ulang tahun MAN 1 Jombang dimulai sejak bulan Januari 2019 dengan lomba volly hadiahnya berasal dari Kapolres Jombang, lomba al-banjari yang hadiahnya dari Bupati Jombang dan lomba olimpiade Bahasa Inggris dan Matematika hadiahnya dari Kementrian Agama Kabupaten Jombang, serta lomba bazar, pawai dengan tema profesi, penampilan hiburan dari ektrakulikuler yang ada di MAN 1 Jombang, serta peringatan Isra Mi’raj dan hari Kartini.

“Sehubungan dengan HUT MAN 1 Jombang ke-28 yang puncaknya dilakukan hari ini, Kami dan penyelenggara sangat bersyukur, karena MAN 1 Jombang sejak berdiri sampai detik ini semakin eksis dan semakin banyak prestasi yang dicapai, ungkapnya.

Erma berharap, kedepa siswa-siswi MAN 1 Jombang menjadi anak-anak yang berakhlaq mulia, berkarakter, menjadi penerus bangsa yang bisa membanggakan semua orang terutama orang tua dan para guru, serta masyarakat. Selain itu, melalui peringatan Isra Mi’raj seluruh civitas MAN 1 Jombang bisa meneladani dan menjalankan perintah Allah yang diamanatkan melalui Rosulallah. Pada HUT MANSAJO para guru menggunakan pakaian kebaya sebagai peringatan hari Kartini. Hari kartini bertujuan untuk menghargai jasa pahlawan Kartini yang telah memberikan sumbangsih pemikiran bahwa wanita juga dapat berprofesi, serta untuk melestarian kebudayaan Indonesia.

“Janganlah kita menjadi contoh yang tidak baik, tetapi jadilah contoh yang baik, sehingga lingkungan kita nanti akan tercipta lingkungan yang ¬†aman, nyaman dan saling menghargai,” pesan Erma kepada seluruh civitas MANSAJO.

Banyak yang telah dilalui MANSAJO, mulai dari jaman MAN Jombang setelah PGA hingga sekarang, banyak yang telah dicetus oleh kepala sekolah sebelumnya. semoga apa yang dilakukan untuk MAN 1 Jombang lebih hebat dan bermartabat. MAN Jombang semakin lebih banyak prestasinya tahun ke tahun berkat usaha semua civitas MAN 1 Jombang dan para pendahulu yang telah memberikan banyak hal, harap Erma.

Salah satu siswa MAN 1 Jombang, Ike Ochtavianah, siswa kelas XI IIK menyatakan bahwa, HUT MAN 1 Jombang tahun ini seru dan meriah, tetapi Ike berharap setiap tahunnya semakin meriah. Selain itu, MANSAJO semakin jaya selalu, semakin sukses, melahirkan generasi bangsa yang memiliki prilaku dan moral (rin)