Caption Foto : Bupati Jombang saat memanfaatkan pelayanan kesehatan di stand RSUD Jombang

mediapetisi.net – Bupati dan Wakil Bupati Jombang melayani warga (Bulaga) kali ini memfasilitasi 37 pelayanan dibuka Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab. Dihadiri Wabup Sumrambah, Sekretaris Daerah Agus Purnomo, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua TP-PKK, Forkopimcam dan Kepala Desa se-Kecamatan Tembelang. Bertempat di Lapangan Desa Tampingmojo Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Senin (18/09/2023)

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan, program Bulaga dilaksanakan mulai tahun 2019, program ini sangat efisien dan efektif yaitu melayani masyarakat dengan jemput bola semua pelayanan masyarakat dibawa ke wilayah Desa, hal ini terbukti banyak warga sangat antusias.

Caption Foto : Ketua TP-PKK Jombang Wiwin didampingi Wabup Sumrambah saat mencoba alat TMS

“Melalui kegiatan Bulaga juga mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya, seperti membuat KTP, membuat KK, cek kesehatan dan lainnya. Selain itu, di Bulaga juga terdapat pelayanan eksternal seperti perpanjangan SIM, membayar pajak, dan lain-lain,” ungkapnya.

Bulaga tersebut menunjukkan bahwasanya Pemerintah Kabupaten Jombang perduli kepada masyarakat agar masyarakat tidak susah payah ke kantor guna mengurus administrasi. Adanya program Bulaga, Pemerintah Daerah bisa melayani secara langsung dengan begitu masyarakat tidak merasa jauh dengan Pemerintahnya. Sehingga akan terdeteksi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat seperti belum mempunyai surat izin usaha.

“Saya berharap, program Bulaga ini bisa dilaksanakan kembali, dan bisa lebih baik lagi karena masyarakat akan lebih mudah dalam menggunakan pelayanan. Pesan saya, masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan apapun yang berada di Pemerintah Kabupaten Jombang,” pesan Bupati Mundjidah.

Sementara itu, Direktur RSUD Jombang dr. Ma’marotus Sa’diyah mengatakan, pada Bulaga kali ini RSUD Jombang memberikan pelayanan dengan tema Si Manis Menari (Singkirkan kencing manis dan menua tanpa nyeri). Dengan menghadirkan pelayanan kesehatan berupa
pemeriksaan tensi, gula darah acak, kolesterol dan asam urat. Selain itu ada pelayanan dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis syaraf dan dokter spesialis rehab medik.

“Tidak hanya itu, ada pelayanan menggunakan alat canggih TMS
(Transcranial Magnetic Stimulation) adalah sebuah alat non-invasif yang menggunakan aliran listrik untuk merangsang jaringan saraf termasuk otak, akar saraf tulang belakang, serta saraf tepi,” terang Ning Ayik panggilan akrab Direktur RSUD Jombang.

RSUD Jombang juga mempunyai alat TENS, yaitu salah satu modalitas atau teknik Fisioterapi untuk mengurangi nyeri dengan menggunakan energi listrik yang sudah dimodifikasi untuk merangsang sistem saraf. “Banyak warga yang berminat mencoba alat TMS termasuk Ibu Bupati dan pak Sekda serta Ibu Wabup,” tandas Ning Ayik. (yr)